Qurban di Desa Santur Sawahlunto, 43 Sapi dan 15 Kambing Disembelih

Sawahlunto –¬†Ditengah krisis Pandemi Virus Covid-19 yang mempengaruhi berbagai sendi kehidupan masyarakat baik secara sosial maupun ekonomi, spirit ber-Qurban pun tetap berkumandang di Desa Santur, Kota Sawahlunto.

Tahun ini pemotongan dilakukan Sabtu 1 Agustus 2020 yang bertepatan dengan 11 Zulhijjah 1441 H.

Bacaan Lainnya

Jumlah hewan Qurban yang disembelih pun mencapai 43 sapi dan 15 kambing.

Hewan qurban disembelih, daging dibagikan untuk semua warga sekitar.

Ibadah Qurban tahun ini sendiri dilaksanakan di tujuh titik, yaitu Masjid Darul Iman Santur, Masjid Al-Muhajirin Lembah Santur, Masjid Jabal Rahmah Bukit Mutiara Santur, Dusun Padang Malintang, Masjid An-Nur Dusun Kayu Gadang, Masjid Nurul Haq Karang Anyar, dan Masjid Awwaliu Polresta Sawahlunto yang juga berada di Karang Anyar, Desa Santur, Kota Sawahlunto.

Kepala Desa Santur Sri Adianto menuturkan, masyarakat sangat antusias dalam pelaksanakan ibadah qurban tahun ini.

“Hal ini terlihat dari ramainya peserta dan masyarakat yang hadir pada prosesi qurban yang berlangsung,” kata Sri.

Ketua Pengurus Masjid Darul Iman Santur Dasrial Ery mengapresiasi tingginya animo masyarakat dalam pelaksanaan ibadah qurban tahun ini.

“Kita berharap semoga ke depan pelaksanaan qurban terus meningkat baik dari sisi kuantitas maupun kualitas,” kata Dasrial.

Sementara itu, salah seorang perantau muda Sawahlunto Novendra Hidayat mengatakan, pelaksanaan ibadah qurban merupakan wujud kesyukuran yang tak ternilai atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT

“Tingginya antusiasme warga masyarakat untuk berqurban dan mengikuti prosesinya menunjukkan tingginya rasa syukur. Selain itu, ia juga menyampaikan tentang strategisnya pelaksanaan qurban dalam upaya merajut persatuan. Melalui pelaksanaan qurban segenap komponen masyarakat akan saling bertemu, bersilaturrahim dan bergembira bersama dalam suasana yang egaliter,” kata Novendra.

Loading...

Pos terkait