Pria Suka Pedas Punya Kadar Testosteron yang Tinggi

  • Whatsapp
Ilustrasi. Foto : health.detik.com
Ilustrasi. Foto : health.detik.com
Ilustrasi. Foto : health.detik.com

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Grenoble menemukan, pria yang suka dengan makanan lebih pedas cenderung memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dibandingkan dengan pria yang lebih sedikit menyukai pedas.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior, 114 orang dari usia 18 hingga 44 tahun yang disurvei, mereka diberikan percobaan apakah mereka suka atau tidak makan pedas, dan kemudian mereka dihidangkan smash potato dimana mereka diizinkan untuk menambahkan saus dan garam sesuai selera masing-masing.
Para peneliti menemukan pria dengan kadar testosteron yang lebih tinggi cenderung menggunakan saus yang lebih pedas. Tidak ada hubungan antara testosteron dan jumlah garam yang digunakan. Kadar testosteron yang tinggi pada pria telah lama dikaitkan dengan sifat dominan dan kompetitif, seperti dilansir laman Quartz.
Peneliti sulit untuk menarik kesimpulan tentang hubungan saus pedas dengan testosteron. Hubungannya bisa secara biologis, jika makanan pedas menaikan kadar testosteron. Sebuah studi pada 2013 menemukan bahwa tikus terkena capsaicin, senyawa kimia yang membuat makanan panas, memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi.
Penjelasan lain yang paling mungkin adalah warna bumbu. Sebuah studi 2013 menemukan bahwa pria yang lebih suka warna merah, warna saus yang digunakan untuk penelitian ini, cenderung memiliki testosteron lebih tinggi daripada mereka yang menyukai warna biru.
(viva.co.id)
Loading...

Pos terkait