PPKM Darurat Jawa-Bali, Bandara Minangkabau Buka Sentra Vaksinasi Covid-19

  • Whatsapp

Padang – Bandara Internasional Minangkabau (BIM) membuka Sentra Vaksinasi Covid-19 pada selasar terminal bagi para calon penumpang pesawat yang telah memiliki tiket penerbangan.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC BIM Yos Suwagiyono mengungkapkan, pembukaan sentra vaksinasi ini dilakukan untuk meningkatkan persentase vaksinasi di Sumatera Barat, terutama bagi para penumpang.

Bacaan Lainnya

“Kemudian, kita juga mengingat untuk memenuhi ketentuan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 dalam PPKM Darurat, dan skala mikro,” kata Yos di Padang, Selasa 6 Juli 2021.

Dia menjelaskan, seperti diketahui bahwa dalam PPKM Darurat Jawa-Bali, harus menunjukkan kartu vaksinasi, minimal dosis pertama, dan surat hasil tes PCR.

“Nah, untuk menjaga agar tidak ada penyebaran, kita sediakan sentra vaksinasi Covid-19 sebelum penumpang berangkat, agar syarat dipenuhi dalam PPKM Darurat,” sebut Yos.

Sentra vaksinasi ini sendiri telah dimulai langsung hari ini, Senin 6 Juli 2021. Menurutnya, animo calon penumpang pesawat untuk mengikuti vaksinasi cukup tinggi.

“Sentra Vaksinasi Bandara Internasional Minangkabau yang didukung penuh Dinas Kesehatan Propinsi Sumbar dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP ) BIM hari ini resmi dibuka, dan ternyata keberadaan sentra vaksinasi ini mendapat respons positif dari calon penumpang pesawat. Kami berharap sentra vaksinasi ini juga dapat mendukung percepatan program vaksinasi nasional guna mewujudkan herd community di tengah pandemi,” kata Yos Suwagiyono.

Dia menyebutkan, bagi para calon penumpang yang ingin dilakukan vaksinasi di Bandara Minangkabau merupakan penumpang pesawat yang telah memiliki tiket penerbangan, atau akan berangkat.

“Untuk seluruh prosedurnya sama dengan, yang beda karena ini lokasinya di selasar, maka yang bisa divaksinasi adalah penumpang pesawat yang sudah memegang tiket pesawat (berangkat). Kita juga ada proses registrasi, skrining, hingga observasi,” sebut Yos.

Pihaknya sendiri menargetkan dapat melakukan vaksinasi sebanyak mungkin terhadap para calon penumpang di Bandara Minangkabau.

“Saya kira ini adalah salah satu cara paling efektif, dengan vaksinasi calon penumpang, untuk mengatasi kenaikan kasus saat ini,” kata Yos.

Sementara itu, pihak Bandara Minangkabau sendiri mengoperasikan Sentra Vaksinasi mulai dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB.

Loading...

Pos terkait