Potensi Cuaca Buruk Landa Sumbar, Nelayan Diminta Tak Melaut

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Sumatera Barat di Kota PadangPanjang memprediksi potensi cuaca buruk akan melanda sejumlah wilayah pesisir Sumbar dalam beberapa hari kedepan.

Hal ini sepertinya harus membuat para nelayan untuk mengurungkan niatnya untuk pergi melaut. Potensi cuaca buruk di Sumbar terjadi akibat adanya daerah tekanan rendah di Sumadera Hindia hingga perairan barat Sumbar.

“Tekanan ini akan mengakibatkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama lebih dari tiga jam hampir semua wilayah Sumbar,” kata Kepala BMKG PadangPanjang, Syafrizal saat dihubungi via seluler, Minggu (6/4).

Disebut Syafrizal, hari ini, terpantau dari radar BMKG PadangPanjang terlihat daerah tekanan daerah tersebut mulai bergerak ke selatan Sumbar menuju Bengkulu. Hal ini berimbas hujan sedang dan lebat di selatan Sumbar dan perairan Mentawai dengan gelombang laut bisa mencapai tiga meter.

”Untuk kawasan Padangpannjang masih aman, yang terpantau akan mengalami curah hujan tinggi yakni Pesisir Selatan, bagian selatan Kepulauan Mentawai, bagian pesisir pantai Kota Padang, pesisir pantai Padangpariaman,. Bagi para nelayan yang akan melaut diharapkan berhati-hati,” jelasnya.

Sementara, Forecaster BMKG Maritim, Kota Padang, Carles mengatakan, gelombang di selat Mentwai terpantau mencapi tiga meter. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar para nelayan yang berada di sekitar lokasi tersebut supaya waspada.

“Daerah lain juga tetap waspada tapi levelnya tidak setinggi di Mentawai, Padang, Padangpariaman dan pesisir Pessel. Kita memang tidak mengeluarkan larangan untuk melaut, tapi mengingatkan para nelayan berhati-hati karena cuaca ditengah laut tidak stabil hingga beberapa hari kedepan,” katanya di Padang.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait