PON 2024, Sumbar Targetkan Jadi Tuan Rumah

Ilustrasi Olahraga Atletik.
Ilustrasi Olahraga Atletik.

Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan dapat menjadi tuan rumah ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2024 mendatang. Hal ini diyakini pihak Dispora dapat terealisasikan mengingat banyaknya lahan yang dapat dijadikan sebagai tempat berlangsungnya PON tersebut.

Kadispora Sumbar, Priadi Syukur mengatakan, untuk merealisasikan rencana tersebut, tahun ini pihaknya mengaku telah melakukan pembebasan lahan 40 hektar di Kabupaten Padang Pariaman untuk dijadikan Main Stadium Olahraga Sumbar.

Baca Juga

“Kita juga telah melakukan sayembara bagaimana bentuk stadion dan tahun 2015 akan dilakukan peletakkan batu pertama,” katanya di Padang, Selasa (11/11).

Ia menjelaskan, penentuan tuan rumah untuk PON XXI (2024) direncanakan akan dilakukan pada bidding tahun 2018 mendatang. “Iya, kita saat ini tengah melakukan berbagai upaya hingga bidding tahun 2018 mendatang,” jelasnya.

Menurutnya, jika terpilih menjadi tuan rumah PON dapat mendongkrak potensi yang ada di Sumatera Barat. “Begitu juga sebaliknya, kita melihat Sumbar memiliki banyak potensi yang dapat dibanggakan, terutama dalam bidang olahraga,” tuturnya.

Senada, Wakil Ketua Umum II KONI Sumbar, Handrianto menyebutkan, penunjang supaya Sumbar terpilih tuan rumah PON juga terletak dari terselenggaranya Pekan Olahraga Provinsin (Porprov). “Menuju 2024 kita akan ada lima kali Porprov lagi dengan itu nantinya akan ada penambahan venue-venue,” katanya.

Ia juga menyarankan agar pemerintah Sumatera Barat telah mempersiapkan sematang mungkin jika terpilih menjadi tuan rumah PON, dimulai dengan melakukan ekspos terkait pembangunan yang telah selesai pada tahun 2020.

“Hal ini supaya semua masyarakat tahu bahwa Sumbar bersungguh-sungguh menjadi tuan rumah PON,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia