Polisi Tangkap Pelaku “Pemalak” Mahasiswa

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Tertangkapnya Anto Langiah alias Anto Ak U (35), pelaku pemerasan yang beraksi di kawasan Kampus Universitas Andalas, Kota Padang, Rabu (26/3) setidaknya bisa membuat para mahasiswa bernapas lega.

Pasalnya, pelaku yang bekerja bersama satu rekannya yang saat ini buron sering melakukan aksi pemerasan pada taman maupun halte bus yang berada di lingkungan kampus tersebut.

Baca Juga

Penangkapan terhadap pelaku dilakukan karena masuknya laporan dari salah seorang mahasiswa yang mengaku laptopnya dirampas. Saat itu, diketahui korban berjalan sendiri pada salah satu taman di Unand, sebulan lalu.

Lantas, personel reskrim pun langsung diturunkan untuk melacak keberadaan kedua pelaku. Satu dari dua  pelaku yang sempat diintai gerak-geriknya selama seminggu belakangan ini langsung diciduk tanpa perlawanan saat tengah men-ngompas seorang mahasiswi.

“Petugas yang sudah mengintainya langsung menangkap Anto tanpa perlawanan, sedangkan rekannya kabur saat mengetahui kedatangan polisi,” kata Kapolsek Pauh, Kompol Daeng Rahman saati ditemui di ruangannya, Kamis (27/3) siang.

Polisi berhasil mendapatkan barang bukti berupa uang dan handphone hasil pemerasan pelaku. “Satu pelaku sudah kita inapkan di sel tahanan Polsek Pauh, sementara seorang rekannya lagi masih diburu tim reskrim,” jelasnya.

Sementara, saat ditanyai petugas, Anto mengakui seluruh perbuatan kriminalnya tersebut. Dia menyebut, memang sengaja mendatangi korban yang tengah pacaran dan mengancam akan lapor rektor jika tidak mau memberikan sejumlah uang atau barang berharga.

“Kalau tidak digituin pak, para mahasiswa ini bebas saja pacaran didalam kampus, makanya kita manfaatkan situasi ini untuk dapat uang pak,” ungkapnya dibalik sel tahanan.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia