Polda Sumbar Prioritaskan Hak Pilih Tahanan di Pemilu 2014

Hak memilih bagi tahanan merupakan tanggung jawab dari Polda dan KPU Sumatera Barat. Demikian disampaikan Kapolda Sumbar, Brigjen Pol Bambang Sri Herwanto.

Menurutnya, hak pilih bagi tahanan sangatlah penting karena mereka juga menjadi penentu bagi masa depan Indonesia. Untuk itu, pihaknya mengaku saat ini telah berkoordinasi bersama KPU Sumbar guna memberikan ruang penuh para tahanan (napi) untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kita harus menjamin juga bahwa para tahanan dapat memilih nantinya pada 9 April 2014. Karena itu juga merupakan hak mereka sebagai warga negara Indonesia,” katanya di Padang, Sabtu (29/3).

Terkait pengamanan sendiri, Kapolda menyebut, surat suara akan dimasukkan terlebih dahulu kedalam sampul tertutup. Dilain hal, menurut Kapolda, hal ini dilakukan juga untuk menjaga kerahasian pemilih.

“Untuk menjamin keamanan tersebut surat suara tersebut akan dimasukkan kedalam sampul tertutup dan aman, maka kerahasiaan dan hak pilihnya dapat terpenuhi sebagai warga negara,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda juga mengimbau agar pihak Polres maupun Polsek dapat berkoordinasi dengan KPPS untuk kelancaran penggunaan hak pilih bagi tahanan. “Diharapkan dengan koordinasi ini tidak ada kebenturan antar satu sama lainnya. Saya juga menegaskan kepada personel (polisi) untuk terus menjaga netralitas serta profesionalnya terhadap Pemilu 2014,” tegasnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia