PKDP Gelar Festival Piaman Laweh

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Keluarga Daerah Piaman atau PKDP Indonesia menggelar Festival Piaman Laweh (Vast Piaman Fest) yang akan diselenggarakan pada 5 hingga 7 April 2019, mendatang. Gelaran ini dilakukan oleh Bidang Pendidikan Seni Budaya DPP PKDP Indonesia.

Kegiatan sebagai bentuk kecintaan ke kampung halaman dan mempromosikan kesenian tradisi, pakaian dan kuliner Pariaman tersebut akan digelar di Blok M Square (Teras Berlian) Jakarta Selatan.

Ketua Panitia Festival Piaman Laweh, Sastri Bakry menyebutkan, acara ini akan menghadirkan oleh artis top, mulai dari ajo Bule, warga asli Australia yang mencintai perempuan Piaman beserta dengan budaya Minangnya.

Kemudian, Penyanyi Legendaris yang memiliki suara bagus Elly Kasim, Ernie Djohan yang terkenal dengan lagu Teluk Bayur, dan ajo Buset yang terkenal dengan leluconnya. Tak ketinggalan, Rayola penyanyi Rindu Uda Sayang.

Dua sejoli Upiak Unyuik dan mak Pono pun juga bakal mengibur para tamu yang datang nantinya. Penyanyi muda berbakat jebolan Sumbar Talenta Sastri Bakry, Fanny Firgina dan Della Talenta juga turut hadir dalam gelaran ‘Urang Piaman’ tersebut.

Penyanyi minang asli Piaman yang sekarang berkarir di Jakarta sudah tidak diragukan lagi kemampuan vokal Rani Sagita.

“Disamping memberikan hiburan, nanti juga akan membahas Sala lauak pada acara talkshow (ota lapau) bersama Bupati Kabupaten Padang Pariaman, Walikota Pariaman, Prof Fashbir, Direktur MDN, Burmalis Ilyas II dan Alumni Jerman/staf ahli DPR RI, Freesca Syafitri,” kata Sastri Bakry dikutip dari Harian Singgalang.

Tak hanya itu, ada pula peragaan pakaian khas Piaman yang diperagakan bundo-bundo kandung, tokoh Sumbar, nasional dan internasional.

“Kami juga mengadakan lomba randai, gandang tambua tasa, rabab Piaman, kukua karambia (memarut kelapa), giliang lado hingga memasak gulai kepala ikan,” tambahnya.

Ada pula, kesenian yang akan menambah kemeriahan kegiatan tersebut, seperti hoyak tabuik, silek uluambek, indang pariaman dan main KIM.

“Semoga tokoh-tokoh hebat kita hadir saat pembukaan seremonialnya. Ada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Gubernur DKI, Anies Baswedan, Wakil Ketua DPR RI Fadlizon dan Ketum DPP PKDP Refrizal Sikumbang didampingi wako Pariaman Genius Umar dan Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, Ketua Dewan Penyantun PKDP, H Sagi,” kata Sastri.

Loading...

Rekomendasi