Pilpres, KPU Pessel Targetkan 75 Persen Pemilih

  • Whatsapp
Gedung KPU RI. Foto : Istimewa

konflik-pemilu-bisa-terjadi-karena-ketidakbecusan-kpuKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menargetkan 75 persen pemilih untuk pemilu pemilihan presiden (Pilpres) 9 Juli 2014.

“Target 75 persen pemilih tersebut sama dengan ketika pelaksanaan Pemilu Legislatif di Kabupaten Pesisir Selatan lalu,” ujar Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Pesisir Selatan, Riswandi ketika dijumpai di KPU Sumbar, Kamis (5/6).

Riswandi berupaya di sisa waktu jelang hari H Pilpres akan memaksimalkan sosialisasi. “Pilpres digelar lebih sebulan lagi, KPU dapat memaksimalkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

Sasaran yang harus dimaksimalkan berpartisipasi pada Pilpres nanti antara lain pemilih perempuan, pemilih pemula seperti pelajar dan mahasiswa, masyarakat marginal seperti petani buruh dan nelayan, penyandang disabilitas, dan masyarakat terisolasi, dan masyarakat keagamaan. “Potensi pemilih pemula di Kabupaten Pesisir Selatan diperkirakan mencapai sekitar 6.000 orang,” ujar Riswandi.

Daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) pada Pilpres tahun 2014 di Kabupaten Pesisir Selatan mencapai  321.611 orang. Naik dari DPT Pemilu legislatif 2014 yang jumlahnya tercatat sebanyak 315.319 pemilih. 156.027 pemilih laki-laki dan 159.332 pemilih perempuan.

Riswandi menjelaskan, DPSHP tersebut nantinya akan diumumkan dan dilakukan kembali pemutakhiran untuk selanjutnya diumumkan kepada masyarakat sebelum ditetapkan sebagai DPT Pilpres 2014. “Pemuktakhiran daftar pemilih pilpres mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014,” ujarnya.

Selain itu kata Riswandi pihaknya juga mengacu kepada PKPU Nomor 4 Tahun 2014 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014.
Sementara itu Komisioner KPU Sumbar, Fikon menyatakan, KPU Sumbar saat terus melakukan perbaikan data pemilih untuk Pilpres 2014.

(Afiliasi : Kliksumbar.com)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait