Pilpres, Ini Dua Tipe Pemilih di Sumbar

  • Whatsapp
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal.
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal.
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal.

Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal menjelaskan faktor kecendrungan pemilih terhadap Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang.

Ia menyebut, apabila hanya Joko Widodo dan Prabowo Subianto yang melenggang menjadi Calon Presiden, otomatis ada setidaknya dua tipe pemilih nantinya.

“Tipe pertama, masyarakat Sumbar masih banyak demokratis. Demokratis disini adalah lebih memilih figur yang dikenal dekat dengan rakyat, jadinya, inilah pemilih Jokowi,” katanya di Kampus Unand, Kota Padang, Rabu (14/5).

Kedua, lanjut Edi pada sisi lainnya, ada masyarakat tingkat tertentu yang lebih memilih pemimpin bersikap tegas. “Pemimpin tegas akan dipilih oleh masyarakat pada tingkat tertentu. Tegasnya itu sering dikonotasikan dengan militer, otomatis Prabowo,” jelasnya.

Keterkaitan akankan hasil dari Pemilu Legislatif (Pileg) berdampak cukup bagus bagi Capres usungannya, Edi membantahkannya. “Pencapresan itu lebih kepada penilaian figur, jadi kalau dikaitkan dengan Parpol mungkin bisa, tetapi tidak penuh,” tuturnya.

Ditambahkannya, faktor dari figur Cawapres juga menentukan kemenangan dari sang Capres. “Jika Cawapresnya bagus, maka bisa dongkrak kemenangannya, tetapi kalau tidak, ya, anjlok. Bahkan, walaupun Capresnya sudah bagus, tetapi figur Cawapresnya kurang kuat, bisa-bisa, suaranya malah turun,” jelasnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait