Petugas Haji Sumbar Diminta Pahami Kebutuhan Jemaah

pelunasan-biaya-haji-dibuka-mulai-9-januari-2024,-menag:-bisa-dicicil
Pelunasan Biaya Haji Dibuka Mulai 9 Januari 2024, Menag: Bisa Dicicil

Padang – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), H. Mahyudin, memberikan pembekalan penting kepada Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi dan Non Kloter sebelum mereka bertugas di Tanah Suci.

Dalam acara pelepasan yang diadakan pada Senin (6/5/2024), Mahyudin menekankan pentingnya memahami dan melayani jemaah haji dengan penuh kehati-hatian.

“Petugas harus memahami bahwa jemaah haji memiliki usia yang bervariasi, mulai dari 18 tahun hingga 90 tahun. Kebutuhan dan pelayanannya pun berbeda,” ujar Mahyudin.

“Begitu pula dengan tingkat pengetahuan jemaah. Ada yang baru pertama kali naik pesawat dan bepergian ke luar negeri, sehingga banyak hal baru yang mereka temui. Tugas kitalah membimbing mereka dengan penuh kesabaran dan ketelatenan,” tambahnya.

Mahyudin juga mengingatkan para petugas bahwa jemaah haji berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda, dengan usia, pengetahuan, suku, budaya, bahasa, gaya hidup, dan karakter yang beragam.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi petugas untuk memberikan pelayanan yang prima dan sesuai dengan kebutuhan setiap jemaah.

“Petugas harus bisa menyikapi perbedaan-perbedaan yang ada dengan bijak dan tanpa membeda-bedakan jemaah. Layani mereka dengan penuh hati dan berikan yang terbaik agar ibadah haji mereka berjalan lancar dan berkah,” pesannya.

Acara pelepasan Petugas PPIH Arab Saudi dan Non Kloter ini dihadiri oleh Kabid PHU, Ramza Husmen, Kabid Urais, Edison, serta seluruh petugas yang akan bertugas.

Mahyudin berharap para petugas dapat menjalankan amanah mereka dengan penuh tanggung jawab dan profesionalisme, sehingga jemaah haji asal Sumatra Barat dapat melaksanakan ibadah haji dengan nyaman dan khusyuk.

Rekomendasi