Pertamina Terapkan Skema Alternatif Pasok BBM di Sumbar Pasca Banjir Lahar Dingin

Ilustrasi. Foto : Istimewa
Ilustrasi. Foto : Istimewa

Padang – Banjir lahar dingin yang melanda Kabupaten Tanah Datar dan Agam pada Sabtu (12/5) mengakibatkan terputusnya akses jalan dan berdampak pada distribusi energi ke SPBU di beberapa wilayah.

Menanggapi hal ini, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut bergerak cepat dengan mengaktifkan skema alternatif pasokan BBM untuk memastikan kebutuhan energi masyarakat tetap terpenuhi.

Baca Juga

Menurut Area Manager Comm & CSR Pertamina MOR I, Susanto August, skema alternatif ini mengalihkan pasokan BBM ke SPBU terdampak dari Integrated Terminal (IT) Teluk Kabung, Sumbar, ke Fuel Terminal (FT) Sei Siak, Riau.

“Pada hari Minggu (12/5), FT Sei Siak telah menyalurkan 80 KL Pertalite dan 80 KL Biosolar ke 12 SPBU di Kabupaten Limapuluh Kota (4 SPBU), Kota Payakumbuh (6 SPBU), Kota Bukittinggi (1 SPBU), dan Kabupaten Agam (1 SPBU),” jelas Susanto.

Lebih lanjut, Susanto menjelaskan bahwa pasokan SPBE di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota akan dipasok oleh Integrated Terminal (IT) Dumai.

“Di tengah situasi yang sulit ini, Pertamina terus berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk memastikan kelancaran pasokan energi bagi masyarakat,” imbuhnya.

Pertamina juga menghimbau masyarakat untuk selalu mengikuti informasi resmi dari sumber terpercaya terkait perkembangan situasi dan kebutuhan energi di wilayahnya.

Upaya cepat Pertamina dalam mengatasi dampak bencana banjir lahar dingin di Sumatera Barat mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Salah satunya adalah dari pemerintah daerah setempat.

“Kami mengapresiasi langkah cepat Pertamina dalam mendistribusikan BBM ke wilayah terdampak. Hal ini sangat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan energi mereka,” ujar juru bicara pemerintah daerah setempat.

Masyarakat juga menyambut baik skema alternatif pasokan BBM yang diterapkan Pertamina.

“Terima kasih kepada Pertamina atas solusinya. Kami jadi tidak perlu khawatir kehabisan BBM,” kata salah satu warga di Kota Payakumbuh.

Pertamina berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan energi masyarakat, termasuk di wilayah yang terkena bencana.

“Pertamina akan terus memantau situasi dan siap membantu masyarakat dengan berbagai cara,” kata Susanto.

Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana alam yang dapat terjadi.

Rekomendasi