Pertamina : Konsumsi Pertalite Melonjak 45% Saat Mudik Lebaran di Sumbar

manjakan-pelanggan-setia,-pertamina-patra-niaga-tawarkan-promosi-menarik-di-tahun-baru
Manjakan Pelanggan Setia, Pertamina Patra Niaga Tawarkan Promosi Menarik di Tahun Baru

Padang – Mudik Lebaran tahun ini membawa berkah bagi PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut).

Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami peningkatan signifikan, khususnya untuk produk gasoline (Pertalite, Pertamax, dan Pertamax Turbo).

Baca Juga

Dibandingkan Januari 2024, konsumsi gasoline pada H-1 dan H-2 Idul Fitri 2024 naik 44%, dari 2.083 KL per hari menjadi 3.010 KL per hari. Angka ini sedikit lebih rendah dibandingkan H-1 dan H-2 Idul Fitri 2023, yaitu 3.020 KL per hari.

Pertalite menjadi primadona pada mudik Lebaran tahun ini. Konsumsinya melonjak 45% dari Januari 2024, dari 1.860 KL per hari menjadi 2.688 KL per hari.

Di sisi lain, konsumsi gasoil (Biosolar, Dex Series) mengalami penurunan 6,8% dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini kemungkinan disebabkan oleh pembatasan angkutan industri dan libur kegiatan industri di Sumbar.

Keberhasilan ini tidak lepas dari peran Satuan Tugas (Satgas) Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 2024 yang dibentuk Pertamina Patra Niaga. Satgas ini terbukti efektif dalam menjaga kelancaran distribusi BBM di Sumbar.

Untuk mendukung mobilitas masyarakat, Pertamina menyediakan berbagai layanan khusus, seperti 18 motoris BBM, 31 mobil tangki stand by (SPBU Kantong), 6 Modular di jalur tol, 381 SPBU Siaga, 813 Agen LPG Siaga, 81 SPPBE Siaga, dan 7 posko kesehatan di wilayah Sumbagut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kelancaran Satgas Rafi 2024, khususnya kepolisian yang telah mengawal mobil tangki BBM,” ujar Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Petrus Ginting.

Rekomendasi