Peringatan HIV Aids, Mahasiswa Suarakan Satu Hati Tanpa Diskriminasi

  • Whatsapp
Ilustrasi.
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ratusan mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Padang menggelar aksi damai dalam rangka memperingati Hari HIV/Aids yang jatuh pada hari ini, Senin (1/12).

Kegiatan ini sendiri dimulai dari Simpang Bank Indonesia, Ahmad Yani hingga berakhir di pelataran Parkir GOR H Agus Salim, Kota Padang. Adapun temanya “Satu Hati Tanpa Diskriminasi, Satu Jiwa Tanpa Terinfeksi”.

Bacaan Lainnya

Ketua Pelaksana, Sintia Azi Arma menyebutkan, kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Universitas, ditambah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kota Padang. “Aksi ini kita lakukan sebagai bentuk kita untuk mencerdaskan masyarakat akan bahaya dari HIV/Aids tersebut,” katanya.

Azi menjelaskan, kegiatan diiringi dengan pembagian pamflet yang berisi akan bahaya dari virus mematikan tersebut, termasuk pita merah sebagai lambang peringatan Hari HIV/Aids.

“Kita bagikan kepada para pengendara motor, supaya masyarakat mengetahui akan bahaya dari virus tersebut. Kita juga membagikan pita merah dan memakai baju serba merah sebagai simbol peringatannya,” jelasnya.

Adapun tema yang diangkat oleh para mahasiswa tersebut adalah “Satu Hati Tanpa Diskriminasi, Satu Jiwa Tanpa Terinfeksi”. “Kedua tema ini sangat berkesinambungan, yang satu untuk para penderita, dan satu lagi untuk masyarakat,” tuturnya.

Disebut Azi, “Satu Hati Tanpa Diskriminasi” bermaksud supaya masyarakat tidak menjauhi para penderita HIV/Aids. Pasalnya, menurutnya, para penderita juga merupakan manusia yang harus selalu didorong dengan motivasi oleh orang sekitarnya.

“Sedangkan, Satu Jiwa Tanpa Terinfeksi merupakan upaya kita untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama kalangan anak muda agar menjauhi hal-hal yang bisa berakibat terhadap virus HIV/Aids itu sendiri,” jelasnya.

Kegiatan ini sendiri juga ditutup dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat di Kota Padang.

Loading...

Pos terkait