Pengelolaan Sampah, Kota Padang Kekurangan 40 Truk Pengangkut

Ilustrasi sampah.
Ilustrasi sampah. Foto : Surabayaonline.co

Padang – Pemerintah Kota (Pemko) Padang saat ini masih kekurangan dengan 52 kontainer, dan 40 unit truk pengangkut sampah. Kekurangan itu membuat pengelolaan sampah di ibukota Sumatera Barat belum maksimal.

“Kita masih kekurangan kontainer dan truk sampah, namun Pemkot Padang akan terus mengupayakan pengadaannya sehingga pengelolaan sampah lebih maksimal,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon di Padang, Senin 26 Agustus 2019.

Baca Juga

Menurut Mairizon, saat ini, produksi sampah di Padang mencapai 700 ton setiap harinya. Sedangkan, jumlah kontainer hanya sekitar 200 unit yang tersebar.

“Jumlah kontainer, dan truk kemudian personilnya saat ini masih terbatas, sehingga pengangkutan sampah terkadang belum bisa berjalan dengan optimal,” jelasnya.

Dikatakan Mairizon, keberadaan kontainer saat ini menjadi salah satu hal yang vital di Kota Padang. Pasalnya, jika tidak ada kontainer sampah, maka dapat dipastikan masyarakat akan membuang sampah melalui sungai, got, dan sebagaian pun ada yang membakarnya.

Menurutnya, jika hal itu dibiarkan akan memberikan dampak bagi lingkungan.

“Akibat dari membuang sampah di sungai menyebabkan terjadinya banjir dan membuat Pantai Padang menjadi kotor. Membakar sampah, khususnya sampah plastik, bisa merusak paru-paru jika asap dari pembakaran itu sampai terhirup,” kata Mairizon

Sementara itu, pihaknya juga mengaku terus melakukan sosialisasi kepada warga akan pentingnya membuang sampah pada kontainer yang telah disiapkan.

“Kami mengimbau masyarakat Kota Padang untuk peduli dan tidak membuang sampah lagi sembarangan,” pungkas Mairizon.

Novia Harlina
Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia