Pengamat Nilai Posko Prabowo di Padang, Sinyal Kuat Koalisi

  • Whatsapp
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal. FOTO/iKHWAN
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal. FOTO/iKHWAN
Pengamat Politik Universitas Andalas, Edi Indrizal. FOTO/iKHWAN

Pengamat Politik Universitas Andalas Edi Indrizal menilai pendirian posko Relawan dan Pemenangan Prabowo oleh Ketua DPC PAN Padang, Fauzi Bahar termasuk salah satu sinyal kuat berduetnya mantan Danjen Kopassus tersebut dengan Hatta Rajasa.

“Itu kan semua sudah jelas, kita bisa lihat dengan mundur Hatta dari kursi Menteri yang alasannya akan fokus sebagai Cawapres. Sedangkan, pendirian posko yang dilakukan oleh Fauzi Bahar seperti kita ketahui adalah PAN juga termasuk dalam sinyal kuat yang telah dilakukan PAN Pusat ke DPCnya,” katanya di Universitas Andalas, Padang, Rabu (14/5).

Bacaan Lainnya

Terkait, figur kuat di Sumatera Barat antara Prabowo dengan Joko Widodo, Edi menyebut bahwa hal tersebut merupakan fifty:fifty (50:50).

“Masyarakat Sumbar masih memiliki ideologis demokratis dengan acuan lebih dekat kepada rakyat, pastinya lari ke Jokowi. Namun, sisi lainnya, ada tingkat penentu, masyarakat juga lebih memilih pemimpin yang memiliki sikap tegas, dan ini pun pasti larinya ke Prabowo,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, masyarakat juga harus berkaca pada Pemilu Presiden pada tahun 2004. Saat itu, Amien Rais yang diketahui merupakan non militer menang hanya di dua Provinsi yakni Aceh dan Sumatera Barat.

“2004, Amien Rais menang di Aceh dan Sumbar. Namun, pada putaran kedua masyarakat Sumbar cenderung kepada SBY, jadi bisa kita gambarkan bahwa masyarakat bisa saja memilih non militer kalau kita lihat dari sebelumnya,” katanya.

Sebelumnya, Ketua DPC PAN Padang Fauzi Bahar mendeklarasikan Posko Relawan dan Pemenangan Prabowo di kawasan Ahmad Yani, Kota Padang, Selasa (13/5) sore.

“Secara resmi kami menyatukan tekad dan mendirikan posko relawan di Sumatera Barat untuk memberikan dukungan politik penuh kepada Prabowo sebagai Calon Presiden. Prabowo merupakan figur pemimpin yang memiliki visi, misi dan program yang jelas untuk rakyat,” sebutnya saat deklarasi.

Loading...

Pos terkait