Pengamat : KMP Sulit Dikokohkan di Sumbar

  • Whatsapp
Pimpinan Koalisi Merah Putih. Foto : Republika.co.id
Pimpinan Koalisi Merah Putih. Foto : Republika.co.id

Pengamat Politik Universitas Andalas (Unand), Edi Andrizal menilai konsolidasi akan pengokohan Koalisi Merah Putih (KMP) di Sumatera Barat akan sulit diwujudkan. Hal ini melihat dengan telah dibentuknya Alat Kelengkapan Dewan (AKD) pada DPRD Sumbar maupun Kota Padang.

“Kita melihat faktanya yang terjadi AKD itu sudah terbentuk, baik di DPRD Sumbar dan Padang. Kita lihat tidak begitu terlihat pengelompokan antara KMP maupun KIH tersebut,” katanya di Padang, Rabu (3/12).

Bacaan Lainnya

Faktor lainnya, disebut Edi yakninya berbedanya dinamika politik antara Pusat dan daerah. “Kemudian untuk dinamika politik antara pusat dengan daerah itu kan berbeda. Di daerah kadang, KMP dengan KIH ada sejumlah Parpolnya yang bergabung, jadi tidak bisa disamakan, karena dinamika politiknya itu sendiri berbeda,” jelasnya.

Tetapi, menurutnya hal tersebut dapat direalisasikan jika ada perjanjian atau instruksi khusus yang disetujui secara nasional oleh masing-masing pihak. “Kalau kemungkinannya sebenarnya kecil, tapi jika ada perjanjian atau instruksi khusus yang disetujui masing-masing pihak dapat terwujud,” tuturnya.

Namun, ada kendalanya nanti, apabila di daerah ada yang sudah bergabung antara KMP dengan KIH. “Kan kalau di daerah ada yang sudah bersatu KMP dengan KIH, ini salah satu penghalangnya nanti, jadi saya kira agak kecil kemungkinannya untuk mengukuhkan KMP di daerah-daerah,” terangnya.

Loading...

Pos terkait