Penerimaan CPNS Online, Ombudsman : Sistem ITnya Harus Diawasi !

Ombudsman RI.
Ombudsman RI.
Ombudsman RI.

Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat (Sumbar) mengaku pihaknya akan melakukan pengawasan penuh terhadap pelaksanaan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014. Pengawasan sendiri akan dilakukan mulai dari pendaftaraan hingga pemberkasan NIP bagi CPNS yang dinyatakan lulus.

Asisten Ombudsman Sumbar Bidang Pencegahan, Adel Wahidi mengatakan pada penerimaan CPNS 2014, pihaknya lebih memprioritaskan pengawasan terhadap sistem IT. Pasalnya, penerimaan tahun ini telah seluruhnya menggunakan sistem online atau internet.

Baca Juga

“Iya, sistem sekarang kita apresiasi sangat bagus sekali. Tetapi, pasti ada antisipasinya, terutama pada sistem IT-nya, karena sekarang kan sudah sistem online, dan ini perlu pengawasan yang lebih penuh,” katanya di Kantor Ombudsman Sumbar, Jalan Abdul Ahmad, Kota Padang, Senin (8/9).

Ia menjelaskan, penerapan sistem online ini diperkirakan akan mempersempit kecurangan seperti masa penerimaan sebelumnya. “Sistem online ini akan mempersempit kecurangan, karena usai pelamar melaksanakan ujian, sudah ketahuan berapa nilainya. Walaupun demikian, kemungkinan masih ada celah curangnya, dan itulah yang harus kita awasi secara penuh,” tuturnya.

Nantinya, pihaknya akan menerjunkan langsung mata-mata (Spy) untuk mengawasi langsung jalannya penerimaan tersebut. “Kita sudah mulai, tetapi kita terjun penuhnya pada sudah action (diselenggarakan),” jelasnya.

Selain itu, terkait laporan, sampai saat ini diakui Ombudsman belum ada. “Untuk laporan tidak ada, palingan Cuma keluhan, dan itu pun secara umum serta sudah diperbaiki,” katanya.

Pihaknya juga berharap pemerintah dapat melaksanakan penerimaan tersebut secara baik dan profesional. “Iya, kita harap ini kan uang rakyat, jadi pemerintah harus transparan dan profesional. Termasuk, pengumuman kelulusannya, tahapnya harus jelas, jangan nantinya sudah lulus lalu timbul masalah,” tegasnya.

 

Loading...

Rekomendasi