Pemilu 2024 : PKS Kuasai DPRD Bukittinggi, 15 Wajah Baru Terpilih

kpu-tetapkan-25-anggota-dprd-bukittinggi-terpilih
KPU Tetapkan 25 Anggota DPRD Bukittinggi Terpilih

Bukittinggi – Rapat pleno terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bukittinggi di Rocky Hotel Bukittinggi pada Kamis (2/5) malam resmi menetapkan 25 calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi yang terpilih dalam Pemilu 2024.

Lebih dari separuh kursi di DPRD Bukittinggi akan diisi oleh “wajah baru”, menandakan angin segar dan harapan baru bagi masa depan kota. Dari 25 calon terpilih, 15 di antaranya merupakan pendatang baru di dunia politik, siap membawa ide-ide segar dan semangat perubahan.

“Penetapan ini menjadi tonggak sejarah baru bagi demokrasi di Bukittinggi,” ujar Ketua KPU Bukittinggi Satria Putra. “Kehadiran para wajah baru diharapkan mampu membawa perubahan positif dan kemajuan bagi kota kita.”

Dominasi Partai dan Dapil

Perolehan kursi terbanyak diraih oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 5 kursi, disusul Partai Gerindra dengan 4 kursi, NasDem dengan 4 kursi, Demokrat dengan 3 kursi, Golkar dengan 3 kursi, PAN dengan 2 kursi, PPP dengan 2 kursi, dan PKB dengan 2 kursi.

DPRD Bukittinggi memiliki 25 kursi untuk mewakili masyarakat di tiga daerah pemilihan (Dapil):

  1. Dapil Bukittinggi I Kecamatan Mandiangin Koto Selayan (MKS) dengan 11 kursi
  2. Dapil Bukittinggi II Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) dengan 5 kursi
  3. Dapil Bukittinggi III Kecamatan Guguak Panjang dengan 9 kursi

Wajah Baru dan Incumbent

Di antara 15 “wajah baru” yang akan duduk di kursi DPRD Bukittinggi periode 2024-2029 adalah Amrizal (PKB), Yundri Refno Putra (Gerindra), Berliana Betris (Golkar), Andi Putra (Nasdem), Neni Anita (NasDem), Linda Wardiyanti (PKS), Dede Suriady Harahap (PAN), Hj Elfianis (Demokrat), M.Taufik Tuanku Mudo (NasDem), Yerry Amuruddin (Demokrat), Andre Kresna Saputra (PKB), Zulkhairahmi (Gerindra), Dedi Chandra (Golkar), Vina Kumala (Demokrat), dan Dewi Anggraini (PPP).

Sementara 10 “incumbent” yang kembali terpilih adalah Shabirin Rachmat (Gerindra), Ibra Yaser (PKS), Dedi Fatria (PPP), Beny Yusrial (Gerindra), Jon Edwar (Golkar), Syaiful Efendi (PKS), Zulhamdi Nova Chandra (NasDem), Nur Hasra (PKS), Arnis Malin Palimo (PKS), dan Hj. Rahmi Brisma (PAN).

Kehadiran para “wajah baru” di DPRD Bukittinggi diharapkan mampu membawa perspektif baru dan energi segar dalam membangun kota. Diharapkan pula sinergi yang solid antara “wajah baru” dan “incumbent” dapat menghasilkan kebijakan yang efektif dan berpihak pada rakyat.

Rekomendasi