Pemilu 2014, KPU Sumbar Telah Coret 45 DCT

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/VIVA
Ilustrasi. FOTO/VIVA
Ilustrasi. FOTO/VIVA

KPU Sumatera Barat mencatat telah mencoret 45 Daftar Calon Tetap (DCT) yang sebelumnya berjumlah 7.642 calon. Pencoretan bukan tanpa alasan, ada sejumlah faktor yang menjadi pertimbangan bagi KPU.

“Berbagai faktor kita mencoret 45 calon tersebut. Ada karena meninggal dunia, mengundurkan diri dan ada yang tersangkut kasus hukum,” kata Kepala Divisi Teknis, Perencanaan dan Penyelenggaraan KPU Sumbar, Muftie Syafie di KPU Sumbar, Sabtu (5/4).

Ditambahkannya, ada sebagian dari 45 calon yang dicoret masih berada di kertas surat suara. Untuk itu, KPU menegaskan bahwa suara calon yang dicoret akan menjadi suara Partai bersangkutan nantinya.

“Memang ada yang masih ada namanya di kertas surat suara, untuk itu jika masih ada masyarakat yang memilih mereka, suaranya akan beralih ke Partainya sendiri. Kami juga sudah menghimbau KPPS untuk mengumumkan di TPS untuk tidak memilih calon yang dicoret tersebut,” jelasnya.

Selain itu, 4 DCT saat ini juga terancam dicoret karena tersangkut masalah hukum yang masih dalam proses. “4 DCT itu berasal dari Kabupaten Pasaman Barat, keempatnya tersangkut masalah hukum dan saat ini tengah kita proses,” tuturnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait