Pemerintah Resmi Edarkan 11 Mata Uang Rupiah Baru

Mata uang rupiah Emisi 2016
Mata uang rupiah Emisi 2016. Foto : Viva
Mata uang rupiah Emisi 2016
Mata uang rupiah Emisi 2016. Foto : Viva

Bank Indonesia resmi mengedarkan 11 mata urang rupiah Emisi 2016 hari ini, Senin (19/12/2016). Dari semua mata uang rupiah tersebut, semuanya memiliki wajah pahlawan baru, kecuali pecahan kertas Rp 100 ribu, Soekarno-Hatta.

Pemerintah sendiri meluncurkan tujuh pecahan uang kertas dan empat pecahan uang logam. Dimana, terdapat 12 gambar pahlawan nasional pada mata uang baru tersebut.

Adapun uang rupiah kertas diterbitkan terdiri dari nilai nominal Rp 100 ribu, Rp 50 ribu, Rp 20 ribu, Rp 10 ribu, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000. Sedang uang rupiah logam terdiri atas pecahan Rp 1.000, Rp 500, Rp 200, dan Rp 100.

Peluncuran mata uang baru itu langsung dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Gedung Bank Indonesia. Presiden meminta masyarakat untuk lebih meningkatkan kecintaannya terhadap rupiah.

Menurut Presiden, dengan mencintai rupiah maka menjadi wujud kecintaan masyarakat terhadap kedaulatan dan kemandirian bangsa. Untuk itu, dia meminta untuk menjaga dan tidak menghina rupiah.

“Dan saya rasa penting, kalau kita cinta rupiah, kita tidak menyebar gosip aneh-aneh dan kabar bohong tentang rupiah. Karena menghina rupiah sama saja menghina Indoensia. Rupiah tidak akan digantilan dan tidak akan tergantikan,” katanya.

Presiden mengungkapkan alasan mengapa uang rupiah baru ini dicetak dengan menampilkan gambar pahlawan, pemandangan beberapa wilayah Indonesia, dan tari-tarian adat, yaitu sebagai bentuk karakterisitik sebuah bangsa.

Selain itu, untuk meningkatkan kedaulatan rupiah, Jokowi juga meminta kepada masyarakat untuk menggunakan rupiah baik dalam bertransaksiā€Ž ataupun menabung di perbankan dalam negeri.

“Setiap lembar rupiah bukti kemandirian Indoensia, kemandirian ditengah ekonomi dunia,” tegas Presiden.

Loading...

Pos terkait