Pemadam Kebakaran Mini Pertama di Indonesia

  • Whatsapp

aawEDUKASI  – Karya pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Padang yang membuat pemadam kebakaran mini memiliki kebanggan sendiri. Hal ini disampaikan Deta Mahendra Kepala Sekolah SMK 1 Muhammadiyah 1 Padang usai mendemonstrasikan karya tersebut dihadapan sejumlah wartawan, Kamis (21/11) tadi siang.

Menurutnya, karya ini merupakan sesuatu nilai tersendiri bagi para guru maupun pelajar, karena konteks masyarakat yang menyebut bahwa pelajar SMK sering berbuat kenakalan berubah drastis dengan adanya karya pelajar ini.

Bacaan Lainnya

“Kami disini sangat bangga dengan karya yang dibuat pelajar ini dibantu dengan dorongan dari para gurunya, hal ini dapat merubah pandang masyarakat bahwa anak SMK itu memang bisa”katanya usai mendemonstrasikan pemadam kebakaran mini, tadi siang.

Lanjutnya, Deta menjelaskan, bahwa ide pembuatan sepeda motor kebakaran mini ini berawal dari banyaknya kasus kebakaran yang rata-rata terjadi pada kawasan sempit, pasalnya mobil kebakaran biasa tidak mampu memasuki titik tersebut.

“Kalau menggunakan motor, setidaknya gang sempit itu bisa dimasuki dan dapat menjadi pertolongan awal saat kebakaran terjadi,” tutur Deta.

Ia juga berharap, karya ini dapat menjadi gebrakan bagi Kota Padang, serta digunakan kedepan masing-masing kecamatan. “Karya ini sangat luar biasa, saya sangat bangga atas anak didik yang kreatif ini, harapannya nanti karya ini dapat digunakan sebaik-baiknya bahkan dioperasikan untuk ruang lingkup Kota Padang”jelasnya.

Sebelumnya, pemadam kebakaran mini juga pernah dibuat tetapi di negara India, dan karya pelajar ini merupakan pertama kalinya di Indonesia. Direncanakan minggu mendatang, karya anak bangsa ini akan kembali didemonstrasikan di jajaran Dinas Pendidikan serta Pemerintah Kota Padang.

 

Loading...

Pos terkait