Pelopor Siaga Bencana, SMA 3 Padang : SIAP !

SMA 3 PadanggKota Padang yang selalu diselimuti dengan daerah rawan bencana, memotivasi SMA Negeri 3 Padang untuk selalu menjadi terdepan dalam menanggulangi hal tersebut. Siswa pun dituntut agar dapat selalu siap siaga dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Untuk itu, SMA N 3 Padang didapuk menjadi Pelopor Sekolah Siaga Bencana di Kota Padang yang ditandai dengan pendeklarasian langsung oleh Walikota Padang, Fauzi Bahar pada Rabu (5/2) lalu.

Muat Lebih

Tak hanya SMA N 3 Padang, 16 SMA Negeri lainnya juga ikut turut serta dalam mendorong gerakan ini. “Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam menghadapi segala kemungkinan bencana yang akan terjadi,” kata Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Padang, Dra Monalisa.

Pembekalan melalui mental dan praktik lapangan menjadi faktor penentu agar siswa dapat mengerti arti dari Siaga Bencana tersebut. ”Kita mengintegrasikan materi pelajaran yang diajarkan kepada siswa dengan ilmu kebencanaan. Dengan harapan semua siswa bisa lebih siap menghadapi bencana,” jelasnya

Dengan begitulah, peran siswa diharapkan nantinya tidak hanya menyelematkan dirinya sendiri, melainkan juga dapat membantu orang banyak. Para siswa juga akan dilibatkan dalam simulasi kebencanaan bersama aparat terkait seperti BPBD, Damkar serta Tim SAR.

”Kita sangat mengapresiasi program yang digagas oleh SMAN 3 Padang. Saya juga berharap semua sekolah mulai dari SMA, SMK, SMP dan SD juga menerapkannya. Agar para siswa lebih siap di saat bencana terjadi,” kata Walikota Padang, Fauzi Bahar.

Selain itu, siswa pun mengaku sangat terbantu atas pendeklarasian Siaga Bencana. Pasalnya, kesiapan Siaga Bencana itu pun dapat mereka raih secara mudah, dan dipraktikkan secara bersama-sama.

“Program ini sangat membantu kita semua. Langkah ini pun dapat mendorong kita tak hanya menyelamatkan sendiri, tetapi sesama makhluk hidup,” kata Doly Rangkuti, salah seorang siswa SMA N 3 Padang.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia