Pelanggaran Kampanye ? Laporkan !

Badan Pengawas Pemilu.
Badan Pengawas Pemilu.
Badan Pengawas Pemilu.

Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Sumatera Barat mengingatkan masyarakat agar melaporkan jika ada pelanggaran yang dilakukan Parpol peserta Pemilu 2014 saat melalukan kampanye.

Bawaslu sendiri berjanji akan memberikan sanksi tegas jika Parpol yang dilaporkan terbukti melakukan pelanggaran saat kampanye berlangsung. “Ada dua sanksi yang bisa kita berikan yakni menyangkut pelanggaran adminstrasi, kita berikan rekomendasi temuannya ke KPU. Sedangkan, pelanggaran tindak pidana akan dilakukan kajian khusus dan diteruskan ke kepolisian,” kata Kepala Bawaslu Sumbar, Elly Yanti di Padang, Senin (18/3).

Muat Lebih

Aksi kampanye yang melibatkan anak dibawah umur maupun menggunakan fasilitas negara juga bisa dijatuhi sanksi yang lebih tegas. “Kita akan cermati berhak atau tidaknya peserta pemilu untuk melaksanaan kampanye. Apakah sesuai dengan jadwal yang telah di tetapkan antara KPU dengan Partai Politik atau Pelaksana,” katanya.

Selain itu, terkait pelanggaran Money Politic (Politik Uang), Bawaslu menegaskan jika terbukti Parpol menggunakan cara itu akan dikenakan hukum pidana dan dijatuhi hukuman kurungan paling lama dua tahun.

Untuk itu, Bawaslu mengimbau masyarakat jika menemukan pelanggaran diharapkan dapat melaporkannya ke Panwascam yang berada di setiap Kecamatan.

“Sudah kewajiban Panwascam menindak lanjuti segala laporan masyrakat untuk dilakukan kajian. Jika memang benar selambat-lambatnya 7 hari sudah disampaikan pada Panwaslu. Lalu, Panwaslu memutuskan pelanggaran atau tidak dalam 3-5 hari,” tuturnya.

Seperti diketahui, kampanye bagi Parpol maupun Calon DPD RI dimulai dari tanggal 16 Maret hingga 5 April dalam bentuk kampanye rapat umum maupun media massa.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia