Pekan Depan, Hatta Pastikan DPR Sudah Bisa Bekerja

Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa blusukan di Pasar, Kota Bukittingi. Foto : KlikSumbar
Ketua Umum PAN, Hatta Rajasa blusukan di Pasar, Kota Bukittingi. Foto : KlikSumbar

Para petinggi partai dari Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) berkumpul di rumah Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, Rabu (12/11).

Pertemuan itu diakui Hatta dalam rangka mencari titik temu antara dua kubu di parlemen.

Baca Juga

“Ini pertemuan kesekian kalinya. Saya hitung sudah puluhan kali. Kawan-kawan sudah lapor ke masing-masing ketua partai tentang pertemuan minggu lalu di rumah ini juga. Dalam pembicaraan tadi, tidak ada yang berubah signifikan dari apa yang sudah dibicarakan minggu lalu,” kata Hatta kepada wartawan.

Dia menjelaskan, pertemuan tadi membahas hal-hal teknis untuk menjalankan empat point yang telah disepakati sebelumnya.

“Kita bertekad apa yang sudah disepakati partai-partai di KIH dan KMP direfleksikan lewat fraksi,” kata dia.

Empat point kesepakatan yang dimaksud, pertama KIH menerima tawaran 21 kursi pimpinan alat kelengkapan dewan. Kedua, KIH ingin UU MD3 direvisi agar point pertama bisa terlaksana. Terkait hal ini KIH akan mengirim daftar anggota Badan Legislasi agar revisi UU MD3 bisa dilakukan.

Ketiga, kesepakatan damai KIH dan KMP harus dicapai sebelum 5 Desember. Terakhir, beberapa pasal dalam UU MD3 yang membahayakan sistem presidensial harus direvisi.

Dirinya pun meyakinkan jika pekan depan tak ada lagi persoalan di DPR, DPR bisa bekerja.

“Malam ini masing-masing (perwakilan partai) akan sosialisasi ke partainya, hari Kamis menyelesaikan teknis, Jumat paripurna. Insya Allah (Senin) bisa bekerja,” kata Hatta.
(Aktual.co)

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia