Padang Terima Alokasi TKD 1,69 Triliun untuk Tahun Anggaran 2024

Balaikota Padang. Foto : Istimewa

Padang – Senin (04/12/23), Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, membagikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2024 di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat kepada Pemerintah Daerah dan lembaga.

APBN 2024 akan terus menjadi dasar penunjang utama pembangunan di Sumatera Barat, menurut Syukriah HG, yang merupakan Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi tersebut.

Bacaan Lainnya

Menurut Syukriah HG, tahun 2024 ini APBN kita mencapai 3.325,1 triliun rupiah, dimana 857,6 triliun merupakan dana alokasi TKD. Angka TKD Sumbar meningkat 3,2%, sedangkan secara nasional meningkat sebesar 5,3%.

Disebutkan oleh Syukriah, prioritas diberikan pada kenaikan TKD demi menunjang gaji PPPK, terutama guru dan Nakes, memperbaiki pelayanan publik, mengembangkan sektor pendidikan, serta memerangi kemiskinan ekstrem dan stunting.

Semua anggaran TKD yang disalurkan ke Kota Padang mencapai 1,69 triliun rupiah.

Di Auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Ekos Albar yang hadir sebagai Wakil Wali Kota Padang menyatakan bahwa karena penyerahan DIPA dan TKD yang lebih awal, pemerintah daerah akan dapat bergerak lebih cepat.

Ekos menyatakan bahwa jika penyerahan DIPA dan TKD Tahun Anggaran 2024 dilakukan lebih awal, maka daerah akan lebih tepat dalam pemanfaatannya dan dapat direalisasikan lebih cepat. Jika realisasi anggaran ini cepat, maka akan membuat putaran perekonomian warga Kota Padang semakin cepat pula.

Menurut Ekos Albar, perlindungan dan menegakkan penerapan anggaran sesuai dengan aturan hukum yang berlaku adalah penting.

Ekos menyimpulkan bahwa dengan Insya Allah, Pemko Padang akan dapat mencapai tujuan anggarannya pada tahun 2024. Realisasi anggaran tersebut perlu dilakukan dengan bersama-sama dan konsisten sesuai dengan peraturan yang berlaku, dijaga dan diwaspadai bersama oleh semua pihak terkait agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi warga Kota Padang.

Pos terkait