Padang Siap Gelar HKBN 2024 dengan ‘Blue Line Safe Tsunami Zone’

kota-padang-tuan-rumah-hkbn-2024,-siapkan-“blue-line-safe-tsunami-zone”
Kota Padang Tuan Rumah HKBN 2024, Siapkan “Blue Line Safe Tsunami Zone”

Padang – Pemerintah Kota Padang bersiap menjadi tuan rumah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April mendatang.

Salah satu persiapan utama adalah “Blue Line Safe Tsunami Zone”, sebuah garis batas aman tsunami yang telah diterapkan di hampir semua jalur arah Timur Kota Padang.

Sekretaris Daerah Kota Padang, Andree Algamar, menjelaskan bahwa garis biru ini menjadi acuan bagi masyarakat untuk melakukan evakuasi diri ketika terjadi gempa berpotensi tsunami.

“Kota Padang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan zona aman tsunami ini,” kata Andree dalam rapat koordinasi lintas OPD persiapan HKBN di Palanta Rumdis Wako Padang, Rabu (3/4).

Andree menegaskan pentingnya persiapan sarana dan prasarana dalam menyambut HKBN 2024. “Kita harus menunjukkan bahwa Padang siap menjadi tuan rumah yang baik,” tuturnya.

Di samping itu, Andree mengajak masyarakat Kota Padang untuk memanfaatkan momen HKBN ini untuk memperkuat silaturahmi dan meningkatkan partisipasi dalam penanggulangan bencana. “Upaya penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan secara sentralistik, harus berbasis komunitas,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Andree menekankan pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) bencana bagi setiap OPD di Pemko Padang. “SOP ini akan menjadi panduan bagi warga dalam menyelamatkan diri ketika terjadi bencana,” tandasnya.

Pos terkait