Padang Hasilkan 800 Ton Sampah Setiap Hari

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, Yadrison. FOTO/IKHWAN
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, Yadrison. FOTO/IKHWAN
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Padang, Yadrison. FOTO/IKHWAN

Pembuangan sampah yang tidak teratur masih menjadi persoalan utama bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Pasalnya, kesadaran masyarakat terhadap pembuangan sampah dinilai masih minim.

Padahal, Pemko Padang sendiri melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang telah menggalakkan berbagai program sosialisasi maupun himbauan kepada masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Bacaan Lainnya

“Kita sudah lakukan sosialisasi maupun himbauan, tapi saat ini masih banyak juga masyarakat yang membandel dengan membuang sampah sembarangan,” kata Kepala DKP Kota Padang, Yadrison saat ditemui di ruangannya, Kamis (16/1) siang.

Dirinya juga menyebutkan, saat ini seharinya sampah di Kota Padang berkisar 800 ton, dan yang dapat diangkut hanya sebanyak 600 ton ke Tempat Pembuang Akhir (TPA). “Jika dibandingkan dari tahun 2009 naiknya cukup signifikan. Pada tahun 2009 sampah itu ada sekitar 700 ton seharinya, dan dapat diangku ke TPA sebanyak 450 ton,” jelasnya.

Adapun kendala keterbatasan pengangkutannya terbagi menjadi dua faktor, yakni semakin banyaknya sampah yang ada, dan kurang memadainya sarana dari DKP Kota Padang sendiri.

“Kita saat ini baru memiliki 60-an Container sampah yang tersebar di Kota Padang, dan telah kita usulkan untuk ditambah sebanyak 50 lagi. Jika diterima, pastinya ini akan sangat membantu nantinya,” tuturnya.

Sementara, TPA yang tersedia saat ini terdapat di kawasan Air Dingin, Lubuk Minturun dengan kapasitas 30 hektar, dan truk sampah sebanyak 61 buah. “Kita berharap masyarakat dapat sadar untuk tidak lagi membuang sampah, karena itu sangatlah merusak lingkungan,” harapnya.

Reporter : Ikhwan

Loading...

Pos terkait