Padang Berhasil Tingkatkan Produksi Padi Diatas 10 Persen

Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Foto : Istimewa
Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Foto : Istimewa
Wakil Walikota Padang, Emzalmi. Foto : Istimewa

Pemerintah Kota Padang menerima penghargaan Ketahanan Pangan dari Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Kamis (18/9). Penghargaan yang diterima Wakil Walikota Padang Emzalmi tersebut karena keberhasilan meningkatkan produksi padi diatas 5 persen.

”Kota Padang berhasil meningkatkan produksi padi pada tahun 2013 sebesar 10,01 persen dari tahun 2012,” kata Wakil Walikota Padang Emzalmi saat peringatan Hari Ketahanan Pangan Nasional di depan kantor Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Barat.

Baca Juga

Dijelaskan, keberhasilan meningkatkan produksi padi ini berkat dorongan dari Dinas Pertanian serta stakeholder terhadap masyarakat petani.

Diantara upaya yang dilakukan adalah optimalisasi lahan seluas 260 hektar, system of rice (SRI) swluas 300 hektar, kegiatan sekolah lapangan pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) seluas 2.000 hektar pada 80 kelompok tani, benih padi bersubsidi 50 ton. Juga memberikan bantuan peralatan seperti handtractor 47 unit, power tuser 14 unit, pompa air 5 unit, power treser 11 unit, serta cultivator 2 unit.

”Untuk itu upaya – upaya ini akan terus kita tingkatkan sembari menarik bantuan baik dari provinsi maupun dari pusat,” kata Emzalmi.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Peternakan Kehutanan dan Perkebunan (Dispernakhutbun) Kota Padang Heryanto Rustam menyebut, tahun 2012 produksi padi Kota Padang sebesar 78.699 ton, di tahun 2013 meningkat menjadi 86.580 ton.

Sedangkan Kepala Kantor Ketahanan Pangan Kota Padang Tarmizi Ismail mengatakan, upaya penguatan pangam di Kota Padang dilakukan juga dengan meningkatkan keragaman menu.

”Kita juga mendorong kelompok wanita tani untuk lebih banyak menanam aneka sayur serta mendorong kreasi untuk keragaman menu non beras,” kata Tarmizi.

Dalam peringatan Hari Ketahanan Pangan ini, Kota Padang juga berpartisipasi dengan membuka stand pameran pangan, dan mengikuti lomba cipta menu.

Loading...

Rekomendasi