Nyoblos ? Kenali Empat Kartu Ini Sebelum Memilih

  • Whatsapp
Empat jenis surat suara Pileg. FOTO/TRIBUNNEWS
Empat jenis surat suara Pileg. FOTO/TRIBUNNEWS

Sehari lagi pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) akan digelar. Meski hingar bingar kampanye telah dilakukan partai politik, untuk meraih simpati rakyat agar memilih partainya, namun sudahkan anda mengetahui empat kartu suara yang akan anda pilih di bilik suara nanti?

Ternyata tidak sedikit warga yang kurang paham tentang pencoblosan kertas suara itu. Sebagian mereka masih bingung soal banyaknya surat suara yang harus di coblos dan tata caranya, terutama bagi kalangan pemilih pemula.

Banyak yang berasumsi, Pemilu 9 April besok, untuk memilih Calon Presiden. Asumsi tersebut salah. Pemilu 9 April itu untuk melilih calon anggota dewan atau wakil rakyat. Berikut panduan pemilu untuk para pemilih agar tidak salah dalam memilih.

Saat pencoblosan nanti, para pemilih akan menerima empat buah kartu suara. Pada kartu suara tersebut kesemua calon tertera di dalam kertas atau surat suara.

Calon anggota DPR RI dalam surat suara warna kuning, caleg DPD dalam kertas warna merah, caleg DPRD Provinsi di kertas suara warna biru dan caleg DPRD kabupaten/kota di dalam kertas suara warna hijau.

Perlu diingat, terutama pemlih pemula, bahwa dalam surat suara para calon anggota dewan baik tingkat kabupaten/kota, DPRD Provinsi, maupun DPR RI tidak mencantumkan gambar calon seperti yang dilihat di spanduk, baleho dan alat kampaye lainnya. Hanya berupa deretan nama sesuai partai tempat bernaungnya calo tersebut.

Khusus dalam kertas surat suara calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) baru memiliki nama dan gambar calon. Pilihlan diantara mereka dan satu suara sangat mementukan masa depan negeri ini lima tahun mendatang.

(HarianKota.com)

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait