Aulia Nafiisah : Networking Pintu Menuju Kesuksesan

Oleh : Aulia Nafiisah (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Andalas)

Manusia merupakan individu yang membutuhkan individu lain untuk melakukan kegiatan dan mencari informasi, disinilah networking saat dibutuhkan.

Baca Juga

Networking merupakan sebuah jaringan informasi, dimana terjadi pertukaran antara seorang yang memiliki informasi atau ide dengan orang lain yang sedang membutuhkan informasi tersebut.

Dengan tujuan untuk mencapai kesuksesan dan prinsip keuntungan bersama, keuntungan yang diperoleh bukan hanya untuk diri kita sendiri melainkan juga dapat menguntungkan orang lain. Proses ini bisa terjadi langsung secara tatap muka atau melalui media komunikasi lainnya.

Dalam networking kita harus memiliki rasa untuk memulai percakapan atau berkenalan dengan orang lain, mulailah membuka komunikasi dengan orang baik yang sudah kita kenal maupun yang belum kita kenal sekalipun. Karena setiap orang yang kita temui merupakan jalan menuju pintu kesuksesan dan yang perlu kita tamankan adalah sikap giving and sharing.

Tak sedikit orang yang gagal dalam membangun networking karena mereka hanya sekedar berkenalan dan bertukar kartu nama, tentu saja hal tersebut akan gagal karena networking bukan hanya sekedar itu. Untuk mengatasi hal tersebut yang perlu kita lakukan yaitu dengan terus menjalin komunikasi dengan orang lain.

Memperluas jaringan perkenalan dapat memudahkan kita untuk mencari peluang pekerjan dan juga kita akan mendapatkan jaringan informasi yang lebih luas. Jaringan dapat mudah terjalin dengan adanya kesamaan dan saling professional, sehingga jaringan yang kita peroleh dapat efektif satu sama lain.

Jaringan sangat bersifat formal karena dapat membantu industri kecil dengan sumber daya yang tebatas dan dengan adanya jaringan yang luas juga dapat membantu mereka dalam persaingan yang kuat.

Karena jaringan merupakan dimendisi bisnis yang yang penting, oleh sebab itu dengan adanya jaringan dapat mengembangkan informasi komunikasi industri milik kita dan mempermudah aktivitas pemasaran kita. Hasil pemasaran pun akan berujung sukses dengan pemasaran yang kita lakukan menggunakan sistem jaringan yang kita miliki.

Di dunia bisnis, untuk dunia bisnis kita sendiri pun kita juga tak lepas dari yang namanya orang lain, kita membutuhkan bantuan orang lain karena bisnis kita tidak akan mampu berjalan maju dengan sendiri tanpa campur tangan orang lain. Ini alasan mengapa kita tak boleh berhenti untuk menjalin jaringan yang luas.

Dengan begitu jika kita ingin mempromosikan bisnis kita tidak akan kesulitan lagi. Karena kita memiliki relasi yang baik dengan jaringan kita, pastinya mereka juga akan mempromosikan kembali bisnis kita kepada jaringan yang mereka milik juga. Sehingga dengan cepat dapat lebih maju dan berkembang.

Dalam dunia karir, saat ini persaingan di dalam dunia kerja cukup sangat ketat dan networking sangat-sangat dibutuhkan untuk mempermudah karir kita. Membuka diri dengan siapapun orang yang ada disekeliling kita itu sangat penting dengan begitu hal yang dapat menguntungkan juga akan datang dengan mudah kepada kita. Jika kita sulit mendapatkan pekerjaan dan teman kita memiliki informasi tentang lowongan pekerjaan dia pasti akan menghubungi kita terlebih dahulu.

Pastikan kita juga selalu up to date untuk bisa memulai percakapan dengan lawan bicara kita. Misalnya dengan cukup membaca headline pada hari itu dimedia anda akan lebih mudah mengikuti perkembangan dunia.

Cara membangun, mengembangkan dan mengoptimalkan networking itu tiddaklah susah. Untuk membangun, kita hanya perlu mencari seseorang dan bukan pekerjaannya, fokuslah menjalin hubungan dengan orang-orang yang ada disekelilingmu terutama keluarga, dengan begitu mereka dapat merasakan kehadiranmu.

Lalu ada beberapa cara seperti membangun kesan pertama, membangun hubung baik, dan juga membangun relasi dan meningkatkannya. Untuk mengembangkannya, dengan ikut bergabung kedalam sebuah grup komunitas. Pilihlah kelompok yang dapat mengembangkan diri kita bukan hanya komunitas yang bertemu dan mengobrol hal-hal yang biasa saja.

Dan terakhir cara mengoptimalkannya yaitu dengan cara mulai bergabung ke subuah organisasi yang professional, membangun relasi dengan orang lain dan juga mencari orang yang memiliki kesamaan dengan kita. Lalu rajin untuk mengikuti seminar dan menghadiri acara sosial manfaatkan acara tersebut untuk mencari informasi.

Contohnya saja seperti salah satu pengusaha besar di Indonesia Chairul Tanjung. Chairul lahir pada tanggal 16 Juni 1962 di Jakarta, beliau adalah seorang pengusaha Indonesia. Chairul memiliki Istri yang bernama Anita Ratnasari Tanjung dan sepasang orang anak yang bernama Rahmat Dwiputra dan Putri Indahsari.

Dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya Chairul menyatakan bahwa membangun jaringan (networking) itu sangat penting. Membangun relasi bukan hanya kepada perusahan ternama, tetapi dengan orang yang sama sekali belum kita kenal pun kita juga harus membangun relasi yang baik. Bagi beliau pertemanan dapat membantu proses dalam mengembangkan bisnis usaha yang kita jalankan. Ketika bisnis yang kita jalankan mengalami penurunan maka networkinglah yang dapat kita handalkan. Bagi beliau kemauan dan kerja keras harus dimiliki seseorang jika ingin memiliki bisnis yang sukses. Membangun kepercayaan juga dapat meningkatkan integrasi, dan disinialh networking sangat diperlukan dalam menjalankan bisnis. Idealisme yang Chairul miliki yaitu beliau yakin bahwa perusahaan lokal pun juga bisa bersaing dengan perusahaan multinasional dan beliau membuka diri untuk bekerja sama dengan perusahaan lokal yang ada.

Chairul juga mengatakan dalam membangun bisnis generasi muda seharusnya sabar dan mau menapaki tangga usaha satu persatu. Karena baginya berbisnis tidak semudah membalikan telapak tangan. Dalam menjalankan suatu bisnis sangat dibutuhkan kesabaran yang besar dan tidak ada kata menyerah karena tidak ada jalan pintas yang dapat langsung mensukseskan bisnis kita.

Ada beberapa cara Chairul dalam mengatasi kegagalam dalam berbisnis yaitu, kita harus bekerja lebih giat, kepercayaan adalah modal utama, jangan alergi pada persaingan, memegang kuat motivasi yang yang kita buat, bersahabat dengan kegagalan, carilah partner bisnis yang cocok dengan kita, dan uang bukanlah salah satu modal untuk menjalankan bisnis.


Kanal Opini merupakan ruang bagi siapa saja untuk menyalurkan pendapat, dan opininya melalui tulisan di Kabarpadang.com. Seluruh isi dan publikasi sepenuhnya tanggungjawab penulis.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia