Nenek Terbakar Akibat “Rokok”

Rokok. Foto : Istimewa

ROKOKCililin РJangan pernah ragu mengingatkan para perokok untuk selalu berhati- hati. Gara-gara lupa tak mematikan rokok saat hendak tidur seorang nenek berusia 114 tahun di Desa/Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi korban.

Ia tewas setelah api melalap rumahnya yang berada di RT 02/11 Kampung Pasirmalang. Ucu, nenek malang tersebut, memang memiliki kebiasaan mengisap rokok sebelum berangkat tidur.

“Diduga kuat, api berasal dari puntung rokok miliknya yang lupa ia matikan,” ujar Staf Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Dharma Chairiana, seusai membantu memadamkan api di lokasi kejadian, Kamis (6/2).

Menurut Dharma, dugaan itu diperkuat oleh keterangan saksi-saksi yang menyebutkan jika Mak Ucu memang merupakan perokok berat meski usianya sudah sangat renta.

“Katanya, sehari bisa habis dua bungkus lebih rokok,” kata pria yang juga anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jabar tersebut.

Namun, Dharma juga tak membantah bahwa mungkin saja sumber api itu berasal dari bara obat nyamuk bakar yang merembet ke dinding rumah.

“Namun, kemungkinan besarnya memang dari rokok. Apalagi korban tidak sedang memasak,” kata pria yang juga anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Jabar tersebut.

Karena tengah tertidur pulas, kata Dharma, nenek yang tinggal seorang diri itu tidak sempat menyelamatkan diri dan akhirnya tewas terpanggang.

Warga setempat yang melihat kepulan asap dari rumah Mak Ucu tidak mampu menjinakkan kobaran api terus membesar. Terlebih, puluhan warga yang berdatangan ini hanya menggunakan peralatan ember seadanya untuk memadamkan api. Kurang dari satu jam, rumah semipermanen itu sudah ludes dilalap api.

“Jasad Mak Ucu ditemukan di kamarnya. Ia tidak sempat menyelamatkan diri apalagi korban tinggal seorang diri,” tambah Dharma seraya mengatakan korban langsung dimakamkan di pemakaman umum tak jauh dari kampung tersebut.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia