Musim Tak Tentu, Warga Diminta Waspada

  • Whatsapp
ILUSTRASI. Longsoran kecil di Lubuk Paraku, Kota Padang. FOTO/CIS
ILUSTRASI. Longsoran kecil di Lubuk Paraku, Kota Padang. FOTO/CIS
ILUSTRASI. Longsoran kecil di Kota Padang beberapa bulan lalu. FOTO/CIS

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang memberikan sinyal agar warga siaga akan kemungkinan bencana alam. Hal ini dimaksudkan karena cuaca yang tidak menentu terus terjadi di Kota Padang.

Kepala BPBD Kota Padang, Budhi Erwanto mengatakan, ada enam titik Kecamatan yang menjadi daerah rawan longsor. “Keenamnya adalah Kecamatan Kototangah, Bungus, Lubuk Kilangan, Kototangah, Kuranji, Padang Selatan dan Pauh,” sebutnya di Padang, Jumat (22/5).

Disamping itu, ia menjelaskan bahwa Kota Padang memiliki daerah perbukitan kemiringan 18 derajat yang bisa menyebabkan bencana seperti longsor. “Daerah perbukitan yang kemiringan 18 derajat terbanyak pada enam Kecamatan tersebut,” katanya.

Ia mengingatkan, apabila terjadi hujan selama kurun waktu 4 hingga 6 jam maka masyarakat diminta untuk waspada. “Bisa dengan menjauh dari daerah perbukitan atau sungai yang dicurigai bisa menyebabkan banjir karena hujan tersebut,” tuturnya.

Saat ini, guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, BPBD mengaku telah mengimbau serta menginstruksikan para personelnya untuk bersiaga. “Pastinya, kita ini tugas pertama kita adalah memantau dan mencegahnya. Untuk itu, personel disiapsiagakan 24 jam,” pungkasnya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait