Mulyadi dan Andre Diprediksi Main Aman, Tak Maju di Pilgub Sumbar 2024

andre-rosiade-janji-enam-bulan-hadirkan-sinyal-di-tanjung-labuah-sijunjung
Andre Rosiade Janji Enam Bulan Hadirkan Sinyal di Tanjung Labuah Sijunjung

Padang – Andre Rosiade dan Mulyadi, dua calon kuat yang menjadi pesaing Mahyeldi dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatra Barat 2024, diprediksi tidak akan ikut bertanding dalam helatan lima tahunan tersebut.

Mereka kemungkinan besar akan memilih untuk tetap berada di posisi anggota DPR RI guna memastikan stabilitas politik mereka.

Baca Juga

Menurut Pengamat Politik dari Universitas Andalas, Andri Rusta, baik Ketua Partai Gerindra Sumbar Andre Rosiade maupun Ketua Partai Demokrat Sumbar Mulyadi cenderung memilih untuk tetap di DPR daripada turun gunung untuk bertarung dalam kontestasi Pilkada Sumbar 2024.

“Dilihat dari sini, kemungkinan besar Andre Rosiade maupun Mulyadi tidak akan berpartisipasi dalam Pilgub Sumbar, mengingat mereka harus merelakan kursi DPR,” ujarnya di Padang, Kamis (2/5/2024).

Punya Elektabilitas Tinggi

Meskipun keduanya memiliki elektabilitas yang mampu bersaing dengan Mahyeldi, namun mereka tidak ingin mengambil risiko kehilangan posisi strategis di DPR RI.

“Selain itu, Sumbar juga membutuhkan kehadiran Andre dan Mulyadi di DPR, mengingat pengalaman dan jaringan mereka yang luas dapat dimanfaatkan untuk kemajuan pembangunan Sumbar,” tambahnya.

Andri juga menyoroti bahwa baliho-baliho milik Andre maupun Mulyadi sudah tidak terlihat lagi setelah pemilu legislatif bulan Februari lalu.

Pilgub Sumbar Diprediksi 4 Poros

Dengan situasi ini, Andri menyimpulkan bahwa pesaing utama Mahyeldi dalam Pilgub Sumbar 2024 adalah Rektor Universitas Negeri Padang, Ganefri (didukung Partai Golkar) dan Bupati Kabupaten Solok Epyardi Asda (diusung PAN), atau mungkin akan ada poros baru jika Audy Joinaldy bersedia untuk maju sebagai calon gubernur.

“Namun, kami mendengar bahwa Audy telah menyatakan tidak berencana untuk menghadapi Mahyeldi,” kata Direktur Riset Spektrum Politika itu.

Andri Rusta memprediksi bahwa Pilgub Sumbar kemungkinan hanya akan diikuti oleh empat pasangan calon, yaitu poros Mahyeldi sebagai petahana, poros Epyardi, poros Ganefri, dan potensial poros Audy jika bersedia untuk bertarung dengan petahana di periode 2020-2024.

Sementara itu, tokoh-tokoh lainnya kemungkinan hanya akan bersaing untuk posisi calon wakil gubernur, seperti Fadly Amran, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Genius Umar, Fauzi Bahar, dan tokoh-tokoh lainnya.

Rekomendasi