Mulai Januari, Buang Sampah Sembarangan di Padang Bakal Didenda

  • Whatsapp
Ilustrasi sampah. Foto Lensa : Indonesia
Ilustrasi sampah. Foto Lensa : Indonesia
Ilustrasi sampah. Foto Lensa : Indonesia

Mulai tanggal 1 Januari 2015 mendatang, Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan memberlakukan aturan hukuman bagi para pembuang sampah sembarang. Hal tersebut tertuang pada Peraturan Daerah (Perda) No.21 tahun 2012 tentang pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Padang, Afrizal Khaidir mengatakan, Perda ini nantinya akan memberikan pembelajaran bagi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarang di Kota Padang.

Bacaan Lainnya

“Kita akan memberlakukan Perda ini mulai Januari 2015, siapapun yang membuang sampah disembarang tempat,” katanya di Padang, Jumat (12/12).

Ia menjelaskan, untuk merealisasikannya, pihaknya mengaku sudah membentuk tim untuk nantinya berpatroli dan bekerjasama dalam mengawasinya. “Kita telah bekerjasama dengan Satpol PP Padang untuk pengawasan serta penindakannya di lapangan,” jelasnya.

Terkait pemberian hukuman, disebut Khaidir akan dilakukan disidang ditempat dan pengelolaan dengan sendiri akan diberdayakan untuk pembenahan kebersihan dan pertamanan.

“Warga Kota Padang pastinya ingin Kota Padang ini bersih, asri dan nyaman sehingga dapat menarik wisatawan baik asing ataupun lokal untuk berkunjung kesini,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan kerjasama masyarakat agar secara bersama menjalankan Perda tersebut. “Jika bersih pastinya akan berdampak positif bagi segi wisata di Kota Padang, kita harapkan masyarakat dapat bekerjasama,” tuturnya.

Saat ini, DKP mengaku sudah melaksanakan sosialisasi sebagian besar Kelurahan di KotaPadang. Sosialisasi ini ditargetkan selesai pada bulan Desember 2014 sehingga penindak lanjutan Pelanggar Perda No. 21/2012 dapat berjalan lancar.

Loading...

Pos terkait