Mudik Pakai Mobil Dinas Kena Sanksi

Ilustrasi pemudik.
Ilustrasi pemudik.

Idul Fitri tahun 2016 semua kendaraan dinas dilarang digunakan untuk mudik atau lebaran. Kendaraan itu hanya boleh dipergunakan untuk keperluan kedinasan. Apabila melanggar akan diberikan sanksi tegas.

Kalimat itu pernah disampaikan mantan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi, saat berbuka bersama di Pendopo Shaba Swagata Blambangan, Jumat (24/6/2016).

Muat Lebih

Idul Fitri 1438 H/2017 Masehi. Hal yang sama juga sampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur. Penegasan yang sama, larangan mobil dinas digunakan untuk keperluan mudik lebaran. Bahkan Menpan RB itu berpedoman Peraturan Menteri PANRB No. 87/2005 tentang Pedoman Peningkatan Pelaksanaan Efisiensi, Penghematan dan Disiplin Kerja.

“Kendaraan dinas operasional hanya digunakan untuk kepentingan dinas yang menunjang tugas pokok dan fungsi,” kata Asman di Jakarta, Senin (12/6).

Berdasarkan hal itu, Menpan RB Asman mengingatkan seluruh pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) agar menaati aturan yang telah dibuat. Ia juga menegaskan bahwa penggunaan kendaraan dinas operasional dibatasi pada hari kerja, dan digunakan dalam kota.

“Tidak boleh digunakan untuk pribadi, apalagi untuk mudik saat libur lebaran,” tegasnya.

Tidak main-main, ketika ASN menggunakan kendaraan dinas untuk mudik tanpa izin akan diberikan sanksi, sebagaimana diatur PP No. 534/2010 tentang Disiplin PNS. Pemberlakuan sanksi itu diterapkan pada PNS yang bolos pada hari pertama masuk kerja usai Libur dan cuti bersama Lebaran.

Hanya saja ada tapinya. Ketika instansi memiliki bus jemputan, sah-sah saja boleh dipakai. Itu pun harus ada izin tertulis dari pimpinan dimana ASN bekerja pada OPD-nya. Alih-alihnya, karena pemerintah memberikan gaji ke-14 atau THR, sehingga PNS cukup terbantu dengan tambahan dana tersebut dalam menghadapi hari raya Idul Fitri.

Kemudian, sejumlah instansi pemerintah, BUMN maupun swasta telah menyediakan fasilitas kendaraan untuk mudik.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia