Minim, Sosialisasi Jalur Bidik Misi di Padang

Bidik Misi.
Bidik Misi.
Bidik Misi.

Makin dekatnya pelaksanaan Ujian Nasional (UN), membuat para pelajar, khususnya di Kota Padang harus menyiapkan strategi ekstra guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

Tetapi, hal yang bertambah beda dirasakan saat ini para pelajar yang duduk pada bangku kelas 12 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Padang. Sejumlah para pelajar mengaku was-was terhadap Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang akan digelar usai UN dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

Salah seorang pelajar kelas 12 SMA Negeri 3 Padang, Prisma mengungkapkan, SNMPTN 2014 menambah rasa ketakutannya, karena UN merupakan salah satu penentu bagi pelajar yang ingin lulus pada Perguruan Tinggi.

“Iya, kalau UN saya rendah pastinya berdampak penuh untuk masuk PTN yang diinginkan. Tahun kemarin, memang tidak dimasukkan nilai UN dalam bahan pertimbangan, tetapi setahu saya sekarang sudah dimasukkan,” katanya saat ditemui di SMA N 3 Padang, Selasa (13/1) siang.

Selain itu, pelaksanaan SNMPTN tahun 2014 tak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Hanya pemiliha prodi yang berbeda, jika tahun 2013 pelajar bisa memilih empat prodi, sedangkan tahun ini hanya bisa tiga prodi.

“SNMPTN untuk tahun sekarang sepengetahuan saya masih sama dengan tahun sebelumnya. Jadi, saya pribadi saat ini lebih memfokuskan diri untuk persiapan UN,” tuturnya.

SNMPTN sendiri memang sudah dipahami oleh sebagian besar para pelajar. Tetapi, terkait jalur Bidik Misi, dan lainnya masih belum tergambar oleh para pelajar.“Saya berharap sekali sosialisasi yang dilakukan tidak saja memfokuskan pada UN dan SNMPTN saja, melainkan seperti bidik misi juga karena banyak siswa yang memerlukan informasinya,” tutupnya.

Reporter : Lailatul Himni  & Yudhi Saputra

Loading...

Pos terkait