Minang Preneur Festival Genjot Pertumbuhan Startup Sumbar

Konferensi Pers Minang Preneur Festival 2017 di Kubik Koffie, Padang. Foto : Istimewa
Konferensi Pers Minang Preneur Festival 2017 di Kubik Koffie, Padang. Foto : Istimewa
Konferensi Pers Minang Preneur Festival 2017 di Kubik Koffie, Padang. Foto : Istimewa
Konferensi Pers Minang Preneur Festival 2017 di Kubik Koffie, Padang. Foto : Istimewa

Untuk meningkatkan potensi bisnis anak muda di Sumatera Barat, Yayasan Minang Bandung menggelar Minang Preneur Festival 2017. Acara ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan potensi bisnis wirausaha Sumatera Barat ke ranah global.

Ketua Pelaksana Minang Preneur, Rudi Maulana mengatakan, jika kegiatan ini untuk mendorong kemajuan UMKM yang diinisasi oleh para kaula muda Minang.

Baca Juga

“Melalui program ini kita mengharapkan adanya kemajuan bisnis di Sumatera Barat, tidak hanya ranah lokal tapi keluar dari Sumatera Barat,” katanya saat konferensi pers di Kubik Koffie, Padang, Selasa (18/4/2017).

Rudi menjelaskan, jika kegiatan ini akan dilaksanakan bertempat di Grand Inna Muara Hotel, Padang, pada 22 dan 23 April 2017, mendatang.

Adapun kegiatannya adalah Conference (Konferensi) Minangpreneur Spirit, Pitch Battle (Adu Gagasan Startup) dan Startup Showcase (Pameran Startup dan UMKM) dan Date With Investor (Bertemu dengan Calon Investor).

Konferensi nantinya akan diisi oleh nama-nama besar seperti Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Berkraf) Triawan Munaf, Direktur PT Telkom Honesti Basyir, Corp Secretary Pertamina Syahrial Kane, President Director TRG Investama Bobby Rasyidin, CEO GE Indonesia Handry Satriago, CEO PT Bukit Asam Arviyan Arifin, CEO TWU Rudi Tavinos, CFO Bukalapak M. Fajrin Rasyid, CEO TAKA Deni Andri dan puluhan Angel (Perorangan) Investor serta jaringan Yayasan Minang Bandung.

“Dari nama-nama besar itu, nanti akan diperlihatkan bagaimana cara pengembangan bisnis yang bagus. Ini adalah salah satu dorongan dari kegiatan Minang Preneur,” terangnya.

Dikatakan Rudi, antusias dari pelaku Startup atau UMKM sangatlah bagus di Sumatera Barat. Hal ini dibuktikan dengan pendaftar yang mencapai 1.300 peserta.

Namun, karena kapasitas yang masih belum memadai, panitia sendiri menseleksi dengan memilih 400 peserta yang akan mengikuti Conference Minangpreneur Festival. “Kemudian, 100 peserta yang mengikuti workshop pada hari kedua,” jelasnya.

Tidak hanya itu, 30 Startup terpilih berkesempatan Showcase dan A Date With Investor untuk memperlihatkan produk mereka. “Kemudian, kita juga memilih 13 peserta terbaik mendapatkan kesempatan untuk memaparkan langsung ide produk dan usaha mereka didepan peserta, calon investor dan undangan,” katanya.

Selain itu, akhir dari kegiatan ini akan dibentuk satu Inkubator dari Minangpreneur terhadap para peserta terbaik. “Mereka akan mendapatkan Coaching (pelatihan) bisnis selama enam bulan dengan para mentor terbaik,” ulasnya.

Rudi sendiri berharap dengan kegiatan ini akan tumbuh Startup terbaik dari Sumatera Barat. “Tujuan kita adalah memberikan celah luas bagi setiap Startup untuk mengembangkan bisnis mereka. Kita harapkan hal tersebut,” harapnya.

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia