Michel-Jadi Gugat Pilkada Padang Ke Mahkamah Konstitusi

bukti pelaporan 2POLITIK – Tim Kuasa Hukum Michel-Jadi telah mendaftarkan gugatannya terkait laporan pelanggaran Pemilukada Daerah Kota Padang kepada Mahkmah Konstitusi. Data pendaftaran yang belum Registrasi tersebut masuk hari ini, Jumat (8/11) pukul 09.19 WIB pada situs resmi Mahkamah Konstitusi.

Sebelumnya, saat rapat pleno penetapan pemungutan suara Pilkada Padang yang digelar selasa lalu pihak Michel-Jadi telah memberikan laporannya kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Padang. Tetapi, KPUD Padang tidak bisa memberikan keputusan karena hal tersebut bukan lagi ranah hukum dari komisinya.

Bacaan Lainnya

“Silahkan laporkan gugatan kepada Mahkamah Konstitusi, itu bukan ranahnya KPUD Kota Padang lagi”ujar Alison, Ketua KPUD Kota Padang saat mendengarkan keberatan pasangan calon beberapa waktu lalu.

Yusak David, Sekretaris Tim M-J sekaligus tim kuasa hukumnya menyebutkan telah mendaftarkan gugatannya ke Mahkamah Konstitusi sesuai dengan prosedur yang ada. “Kita sudah di Jakarta beberap hari lalu, kita sudah laporkan dan sudah tayang, sekarang kita menunggu registrasi kelanjutannya”ujarnya saat dihubungi via Blackberry Messenger, Jumat (8/11) tadi sore.

Beliau juga menyebutkan bahwa alur pendaftaran perkara selang tiga hari setelah diumumkannya penghitungan suara di tingkat KPUD Kota Padang. Kita laporkan sesuai dengan peraturan, usai diumumkan KPUD Padang dan minimal selang tiga hari langsung boleh digugat”katanya.

Sementara, gugatan yang akan masuk registrasi sesuai dengan peraturan Mahkamah Konstitusi biasanya lima hari setelah pelaporan sedangkan jadwal proses sidang juga lima hari kemudian. “Untuk pelaporan sudah, tinggal masuk diregistrasi itu biasanya lima hari setelah pendaftaran gugatannya sedangkan untuk sidang masih belum tahu, karena jadwalnya keluar setelah lima hari kemudian”tuturnya.

Terakhir, tim pasangan ini hanya mengharapkan proses Pemilukada lebih transparan termasuk segi kualitasnya dan terpenting proses hukumnya harus sesuai dengan aturan. “Saya mewakili Tim MJ, simpatisan serta Kader Partai Demokrat dan PAN berharap pemilu ini dapat berjalan dengan semestinya yang transparan serta berkualitas”tutupnya.

Loading...

Pos terkait

Hosting Unlimited Indonesia