Menyongsong UN & SNMPTN, Pelajar Perlu Bimbingan

un dan snmptnUjian Nasional (UN) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 semakin dekat. Hal ini membuat para guru maupun pelajar menyiapkan strategi khusus dalam menempuhnya.

Salah seorang guru di SMA N 3 Padang, Dra. Tasli mengungkapnya, prosedur UN maupun SNMPTN pada tahun ini tak jauh berbeda pada tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya, para siswa memilih 4 prodi, sedangkan tahun ini hanya dapat memilih 3 prodi.

“UN dan SNMPTN tahun ini prosedurnya masih sama seperti tahun sebelumnya, dan UN dengan 20 paket masih  berlaku,” katanya saat dihubungi via Telephone, Minggu (12/1) pagi.

Berprofesi sebagai guru Bimbingan Konseling (BK), membuat dirinya tahu betul apa yang dibutuhkan para muridnya. Dia juga yang paling berperan dalam membantu murid disekolah dalam pengambilan keputusan penjurusan diperguruan tinggi nantinya.

Berbicara mengenai lintas, dia mengungkapkan bahwa sekolah tidak punya kebijakan membatasi siswanya dalam memilih jurusan yang mereka minati. Melainkan, membantu siswa memilih jurusan berdasarkan potensi tidak hanya dengan kemauan saja.

“Lintas jurusan itu tergantung kepada universitasnya, sekolah tidak punya wewenang atas pemutusan itu,” tuturnya .

Diharapkannya, para murid agar memilih jurusan dengan tepat dan konsisten serta belajar lebih keras lagi kedepannya. “Iya, agar anak-anak kita yang mau menempuh ini bisa belajar lebih giat dan konsisten dalam menentukan pilihan mereka nantinya,” tutupnya.

Reporter : Yudhi Saputra & Lailatul Himni

Loading...

Pos terkait