Mentawai Megathrust, Empat Kecamatan Gelar Simulasi

  • Whatsapp
Ilustrasi. FOTO/SEPUTAR ACEH
Ilustrasi. FOTO/SEPUTAR ACEH
Ilustrasi. FOTO/SEPUTAR ACEH

Sebanyak empat Kecamatan di Kota Padang menggelar Simulasi Evakuasi Tsunami, Jumat (7/3) pagi. Simulasi ini digelar merupakan arahan dari BPBD Kota Padang dalam rangka persiapan menghadapi ancaman Mentawai Megathrust yang diprediksi akan mengakibatkan gempa 8,9 sklala richter.

Salah satunya, Shelter yang terdapat di SMP N 25,  Khatib Sulaiman, Kota Padang. Disini, warga setempat, pelajar, guru dan BPBD Padang melakukan Simulasi dengan memusatkan evakuasi pada Shelter yang berada di SMP 25 Padang.

Bacaan Lainnya

Simulasi ini dilakukan seperti menggambarkan telah terjadi gempa bumi besar yang akan berpotensi Tsunami. Sirine peringatan Tsunami pun dibunyikan untuk mengevakuasi warga setempat menuju shelter.

“Simulasi ini sangat bagus pak, karena sekarang masyarakat juga sudah tahu tentang ancaman Mentawai Megathrust tersebut. Jadi, kita sudah tahu, jika tiba-tiba terjadi kemana menyelamatkan diri,” kata Rani Oktavia, salah seorang pelajar.

Situasi ini menggambarkan kepanikan warga dalam menyelamatkan diri. Warga pun dimintai untuk menuju Shelter yang berada didekat lingkungan sekitar mereka. “Kegiatan Simulasi ini dilaksanakan merupakan dari rangkaian tanggap persiapan dalam menghadapi ancaman Mentawai Megathrust,” kata Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagan BPBD Kota Padang, Hendri usai memantau Simulasi.

Hendri menyebut, Simulasi dilakukan agar memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat menyelamatkan diri secepatnya dengan menuju Shelter. “”Jika warga berada di zona hijau mungkin mereka masih bisa ke tempat yang lebih tinggi. Sedangkan, warga yang berada di zona merah maupun kuning kita berikan pemahaman agar dapat menuju Shelter,” katanya.

Disebut Hendri, Simulasi ini dilakukan serentak pada empat Kecamatan yakni Padang Utara, Padang Barat, Kototangah dan Padang Timur. “Setiap warga yang berlokasi disana juga melaksanakan Simulasi. Sama seperti disini yakni menuju ke Shelter yang berada didekatnya,” jelasnya.

Simulasi Evakuasi Mentawai Megathrust ini nantinya akan dilanjutkan pada tanggal 21 Maret 2014 yang direncanakan akan melibatkan dari 14 Negara. Presiden, Susilo Bambang Yudhoyono juga dijadwalkan akan hadir dalam menyaksikan kesiapan Simulasi tersebut.

Loading...

Pos terkait