Mentawai Megathrust Direx Minim Pemberitaan

  • Whatsapp
Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Kegiatan Mentawai Megathrust Direx (MMD) di Padang melibatkan 18 negara sebagai persiapan menghadapi gempa besar Siberut, ternyata tak banyak wartawan yang tahu. Terkesan panitia mengacuhkan wartawan. Ini terbukti tidak banyak pers portal berita maupun kontributor televisi nasional yang tahu detil kegiatannya.

Menurut info MMD tersebut akan dihadiri Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono, tetapi belum ada gebyar pemberitaan di media. “Bagaimana detil acaranya banyak rekan wartawan yang tidka tahu, sepertinya kegiatan ini dibiarkan tidak dikonsumsi wartawan,” ujar Ari, wartawan portal berita di Padang, Minggu (16/3).

Bacaan Lainnya

Kalau wartawan saja banyak yang tidak tahu, apalagi masyarakat di Kota Padang, sehingga banyak warga yang ketakutan dengan isu-isu akan terjadi gempa besar. “Ooo cuman latihan, kok sosialisasinya di media massa sedikit sekali,” ujar Eko (40) warga di Berok Nipah, Padang.

Menurut wartawan senior Sumbar Gusfen Khairul, kegiatan MMD sebenarnya banyak manfaat, tapi minim pemberitaan. Akibatnya yang muncul isu-isu justru menjadi kabar pertakut bagi warga Kota Padang yang awam dengan mitigasi. “Mestinya panitia MMD baik lokal maupun nasional menggandeng pers di kota ini, sehingga tujuan mulia dari MMD bisa dipahami publik,” ujarnya.

Gusfen Khairul mengakui kalau kegiatan MMD dapat dikemas pemberitaan medianya secara baik akan membangun jiwa kesiapsiagaan 800 ribu masyarakat Padang yang tinggal di zona merah gempa dan tsunami. “Warga tahu kalau ada potensi gempa besar dan ancaman tsunami. Sebaiknya kegiatan yang berbiaya besar ini dikemas pemberitaannya kepada publik sehingga pemahaman masyarakat bertambah terhadap kewaspadaan dan kesiapsiagaan,” ujar Gusfen Khairul.

Karena tidak ada pengelolaan media dari kegiatan MMD ini, sejumlah wartawan portal dan kontributor televisi nasional berencana tidak memberitakan. “Panitia MMD mesti cepat merangkul media, supaya kegiatan MMD dapat bermanfaat bagi masyarakat,” kata Gusfen Khairul.

[Afilias:KlikSumbar]

Loading...

Pos terkait