Mencuri Diwaktu Berdekatan, Dua Pelaku Digulung Polisi

  • Whatsapp
Ilustrasi Pencurian.
Ilustrasi Pencurian.
Ilustrasi Pencurian.

Dua anak jalanan dibekuk jajaran Reksrim Polsek Padang Barat setelah menjadi diburu selama dua minggu belakangan lantaran aksi kriminalnya. Kedua pelaku ditangkap pada dua lokasi berbeda pada Jumat (30/5).

Diketahui dua begundal bernama Erwin (21) dan Wedi Saputra (14) telah menjalankan aksi pencuriannya setidaknya pada lima Tempat Kejadian Perkara (TKP). Penangkapan terhadap kedua pelaku setelah polisi mendapatkan empat laporan pencurian dalam selang waktu yang berdekatan.

“Setelah mendapatkan informasi yang cukup, kita gerebek pertama Erwin saat tengah duduk bersantai di rumahnya, sekitar pukul 14.00 WIB pada Jumat,” kata Kapolsek Padang Barat, Kompol Sumintak di Padang, Minggu (1/6) siang.

Erwin pun diperiksa intensif oleh pihak kepolisian dan diketahui dia menjalankan aksinya dibantu rekannya yakni Wedi. Malamnya, kepolisian langsung menangkap Erwin di tempat kostnya yang masih terletak disekitar rumah rekannya yang telah terlebih dahulu tertangkap.

”Kita langsung bergerak cepat dan menyita barang yang dibeli dari hasil curian tersebut. Ada yang disimpan di rumah pelaku Erwin, dan ada yang sudah dibawa pulang kampung oleh Wedi,” jelasnya.

Petugas sendiri berhasil menyita barang bukti berupa satu unit lemari pakaian merk olympic, satu buah rak TV, satu unit TV merk Polytron 21 inci, satu unit sepeda motor jenis Honda Supra X berikut dua buah helm baru, satu unit setrika merk Maspion dan satu unit Tablet merek Axxio.

”Untuk barang bukti lainnya masih dalam pengembangan kami, karena kita yakin, kedua pelaku ini tidak hanya bermain di lima TKP, tapi lebih,” tuturnya.

Disebut Kapolsek, berdasarkan laporan yang diterimanya, kedua pelaku telah menjalankan aksinya pada lima TKP yakni aksi pencurian di Toko Nevada, Jalan Pemuda pada 19 Mei lalu, kemudian Toko Ade Roma di Blok A Pasar Raya Padang pada 27 Mei, PT Maidah Reka Jaya pada 11 April, Toko Berkah di Pasar Raya Padang dan Toko Nando, Jalan Damar.

”Saat ini petugas masih ada yang melakukan pengembangan di lapangan. Kita menduga, tidak hanya berdua mereka beraksi, tapi lebih dari itu. Untuk sementara ini, pelaku dan barang bukti sudah diamankan di Mapolsek Padang Barat,” katanya.

Sementara, salah seorang pelaku, Wedi saat ditemui wartawan, mengakui perbuatannya. Dia beralasan, pencurian itu dilakukannya karena pendapatannya sebagai tukang parkir tidak pernah tercukupi untuk kebutuhannya.

”Hasilnya kita bagi pak, dan saya belikan barang-barang biar bisa juga mengikuti orang-orang,” ungkapnya.

Kedua pelaku ini terancam dikenai pasal 365 KUHPidana dengan ancaman hukuman diatas lima tahun.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait