Mataharimall.com Ajak Pelaku UMKM Sumbar Beralih ke Dunia Digital

Head of Partnership and Communication Mataharimall.com, Alvin Aulia Akbar. Foto : Istimewa
Head of Partnership and Communication Mataharimall.com, Alvin Aulia Akbar. Foto : Istimewa

Situs eCommerce MatahariMall.com menggaet Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Sumatera Barat melalui program ‘UKM Super’, eCommerce yang baru berusia dua tahun ini ingin mengajak pelaku UMKM dari Sumatera Barat untuk beralih ke dunia online.

Head of Partnership and Communication Mataharimall.com, Alvin Aulia Akbar menyebutkan, jika Sumatera Barat memiliki potensi dalam sisi UMKM-nya sangat tinggi.

Muat Lebih

“Namun, sangat sayang, masih banyak pelaku UMKM yang belum melakukan penjualan online. Hal ini tentu menjadi momok bagi kita untuk menggaet UMKM guna memberikan pengetahuan hingga membantu penjualan mereka,” katanya saat diskusi bersama awak media di Pangeran Beach Hotel, Padang, Kamis (23/3/2017).

Adapun program ‘UKM Super’ ini digagas dalam bentuk workshop dalam rangka pembinaan pelaku UMKM. Setidaknya, ada 100 UMKM di Sumatera Barat yang mengikuti program tersebut.

“Untuk saat ini yang mengikuti workshop ada sekitar seratusan UMKM. Tapi, kami sendiri tidak menutup bagi pelaku UMKM yang ingin bergabung, karena inilah misi dari program UKM Super,” jelasnya.

Alvin menjelaskan, program ini terdiri dari pembinaan bagi pelaku UMKM untuk memahami kerja dunia pemasaran online. “Kemudian, kita akan bantu produk UMKM itu berjualan pada situs kami (mataharimall.com),” terangnya.

Lanjutnya, program ‘UKM Super’ sendiri merupakan buah kerjasama antara Mataharimall.com dengan Kementerian Perdagangan RI guna meningkatkan penjualan secara digital bagi pelaku UMKM di daerah.

“Kita harapkan dengan adanya program ini akan membantu pelaku UMKM. Nantinya, jika UMKM sudah paham, mereka bebas memilih apakah membuka eCommerce sendiri, atau tetap berjualan dengan kami,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya sendiri menargetkan dapat menggaet 1.200-an UMKM yang ada di Sumatera Barat. “Sumatera Barat memiliki potensi yang sangat bagus, dari data kita, pengguna layanan kami dari Sumbar meningkat empat kali lipat dari tahun 2015 ke tahun 2016,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia