Masa Tenang, Ratusan APK Ditertibkan Tim Terpadu

  • Whatsapp
Ilustrasi penertiban APK
Ilustrasi penertiban APK
Ilustrasi penertiban Alat Peraga Kampanye.

Memasuki masa tenang, tim terpadu terdiri dari Panwaslu, Satpol PP, Dishubkominfo, Kesbangpol, Dinas Kebersihan Pertamanan (DKP) dan Kepolisian menertibkan ratusan alat peraga kampanye (APK) sepanjang jalan protokol di Kota Padang, Minggu (6/4) siang.

Penertiban dilakukan dengan pencabutan baliho, baik ukuran besar maupun kecil dan langsung didata Satpol PP, lalu dimasukkan kedalam truk milik DKP Padang.

Terpantau, penertiban dilakukan mulai dari Jalan Sawahan, Samudera, Hayam Wuruk, M. Yamin, Agus Salim, Sudirman dan kawasan Pantai Kota Padang.

“Hari ini telah masuk masa tenang, hingga 8 April mendatang, makanya semua baliho dan spanduk diturunkan. Kita lihat hingga besok mudah-mudahan pembersihan semuanya selesai,” kata Ketua Panwaslu Kota Padang, Nurlina usai memantau penertiban.

Ditegaskan Nurlina, penertiban dilakukan karena banyak Caleg maupun Partai tidak mengindahkan surat himbauan penurunan APK beberapa waktu lalu. “Makanya kita langsung copot saja lagi, ini kan masa tenang. Untuk sanksi bagi Partai yang melanggar akan ditentukan oleh KPU nantinya,” tegasnya.

Sementara, Kepala Satpol PP Kota Padang, Andree Algamar menyebut, dalam rangka membantu penertiban APK, pihaknya menurunkan setidaknya 100 personel atau tiga pleton.

“Penertiban ini juga termasuk dalam kewajiban kita selaku penegak ketertiban. Kami siap selalu jika dibutuhkan, baik dari KPU maupun Panwaslu,” katanya.

Loading...
  • Whatsapp

Pos terkait