Marinir Kirim 2 SKK, Antisipasi Letusan Marapi

  • Whatsapp

MarinirKorps Marinir Pertahanan Pertahanan Pangkalan II Padang akan mengirimkan dua Satuan Setingkat Kompi (SSK) ke pemukiman warga di kawasan Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dampak bencana Gunung Marapi yang saat ini masih berstatus level waspada, ditambah kemungkinan meletusnya Gunung api aktif tersebut.

Bacaan Lainnya

“Satu SSK berjumlah 100 orang dan mereka ditempatkan di lokasi bencana membantu masyarakat serta pengungsi hingga situasi aman,” kata Komandan Batalyon (Danyon) Marinir Pertahanan Pangkalan II Padang, Mayor Etwin Ramadhan di Padang, Selasa (4/3).

Dia menyebut, saat ini ada tiga gunung yang berada dalamring of fire atau berstatus waspada, yaitu Gunung Merapi yang sedang memuntahkan abu vulkanik, Gunung Talang dan Kerinci. Dan yang paling menjadi sorotan saat ini adalah Gunung Merapi yang menunjukkan aktifitas.

Untuk itu, pasukan yang telah dipersiapkan akan dikirim secepat mungkin meskipun belum ada permintaan bantuan kepada korps Marinir. “Kita tidak bersifat menunggu, meski belum ada status tanggap darurat,” tuturnya.

Dengan dipersiapkannya pasukan marinir tersebut diharapkan nantinya bisa membantu masyarakat korban bencana serta mengurangi tekanan psikologi yang dialami oleh masyarakat. “Setidaknya personel yang nanti kita tugaskan disana bisa membantu meringankan beban masyarakat,” ungkapnya.

Sementara, Wadan Lantamal II Padang, Kolonel Laut (PM) Widhi Sutedjo mengatakan, prajurit harus siap diri terebih dahulu sebelum membantu masyarakat yang terkena musibah atau bencana. Pengiriman pasukan ini merupakan salah satu operasi TNI yang tertuang dalam Undang No.34 tentang Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Penanggulangan bencana serta pengamanan pengungsi termasuk OMSP, maka sebagai prajurit, ini adalah sebuah tugas yang sangat penting,” pungkasnya.

Loading...

Pos terkait