Malam Ini Penentuan 1 Syawal

Hari ini Lakukan Rukyatul Hilal
Hari ini Lakukan Rukyatul Hilal.
Hari ini Lakukan Rukyatul Hilal
Hari ini Lakukan Rukyatul Hilal.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengumumkan malam ini, Sabtu (24/06/2017) telah memasuki 1 syawal 1438H dan besok pagi, Minggu (25/06/2017) umat Islam akan melaksanakan sholat id (Idul Fitri).

Pemerintah melalui kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan sidang Itsbat sore hari ini, Sabtu (24/06/2017), untuk menentukan kapan awal 1 Syawal 1438 hijriah mulai pukul 17:00 WIB.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman resmi Kementerian Agama, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin, mengatakan Sidang Isbat penentuan tanggal 1 Syawal 1438 atau Idul Fitri 2017 akan dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, di Auditorium HM. Rasjidi, Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta Pusat.

Lukman akan sidang bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. Selain itu akan dihadiri oleh banyak pihak yang diundang khusus seperti Duta Besar Negara sahabat, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, Mahkamah Agung, Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Planetarium.

Sidang Isbat akan dimulai selepas shalat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan. Sejumlah pemantau hilal 1 Syawal 1438 H telah ditempatkan di seluruh provinsi di Indonesia.

 

Sidang itsbat memutuskan 1 Syawal 1438H bertepatan pada hari Ahad 25 Juni 2017

Loading...

Pos terkait

DomaiNesia