Mahyeldi Ajak Ciptakan Suasana Lebaran Berkesan di Sumbar

gubernur-mahyeldi-apresiasi-penerapan-sistem-informasi-desa-di-seluruh-nagari-di-sumbar
Gubernur Mahyeldi Apresiasi Penerapan Sistem Informasi Desa di Seluruh Nagari di Sumbar

Padang – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menginstruksikan seluruh pihak agar menciptakan suasana Lebaran yang berkesan bagi masyarakat.

“Saya ingin Lebaran tahun ini menjadi Lebaran yang berkesan bagi semua orang,” kata Mahyeldi saat Rapat Koordinasi Forkopimda dan OPD Pemprov Sumbar, Kamis (4/4/2024).

Bacaan Lainnya

Untuk mencapai tujuan tersebut, Mahyeldi meminta seluruh OPD di lingkup Pemprov Sumbar turun ke lapangan dan memastikan terlaksananya pelayanan pemerintah dengan maksimal selama momentum Idulfithri 1445 H.

Koordinasi antar Forkopimda, OPD, Pemkab/Pemko, dan instansi vertikal juga ditekankan Mahyeldi untuk memastikan kelancaran pelayanan kepada masyarakat.

“Koordinasi sangat diperlukan agar masyarakat bisa terlayani dengan baik,” ujarnya.

Pada sektor transportasi, Pemprov Sumbar kembali memberlakukan sistem one way untuk jalur Padang-Bukittinggi serta meningkatkan pengawasan di setiap pintu perbatasan.

“Setidaknya, ada 26 titik potensi kemacetan yang menjadi sorotan kita,” kata Mahyeldi.

Gubernur juga meminta seluruh Kepala OPD di lingkup Pemprov Sumbar turun langsung melakukan pengawasan selama Lebaran.

Terkait pengendalian harga barang dan jasa, Mahyeldi memastikan bahwa ketersediaan kebutuhan pokok di Sumbar mencukupi, dan akan terus dijaga kestabilan harganya melalui operasi pasar dan bazar pasar murah.

“Jangan sampai ada yang memanfaatkan Lebaran dengan menaikkan harga,” tegasnya.

Gubernur bersama jajaran Forkopimda dan OPD juga membahas berbagai persiapan lain seperti potensi kebencanaan, pelayanan kesehatan, serta keamanan dan ketenteraman masyarakat.

“Guna mendukung kelancaran ibadah, saya minta agar seluruh masjid dan musala di jalur perlintasan di Sumbar, untuk buka 24 jam,” imbuh Mahyeldi.

Pos terkait