Lombok Pertama, Sumbar Posisi Lima dalam Destinasi Wisata Halal Terbaik Versi IMTI 2019

Lombok, Nusa Tenggara Barat berhasil menduduki posisi pertama sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik di Indonesia tahun 2019.

Peringkat itu sendiri diberikan oleh Indonesia Muslim Travel Index (IMTI). Lombok aendiri berhasil mengalahkan Aceh dalam kategori wisata halal tersebut.

Baca Juga

Sebagaimana telah ditetapkan dalam laporan, disebutkan dari 10 destinasi wisata halal unggulan di Indonesia, Lombok berhasil keluar sebagai ranking 1 dengan skor penilaian tertinggi 58.

Kemudian pada posisi kedua ada Aceh dengan skor 57, disusul Riau dan DKI Jakarta yang mendapatkan nilai 56.

Sedangkan Sumatera Barat hanya berhasil bertengger pada peringkat kelima dengan raihan skor 55.

Diposisi keenam ada, Provinsi Jawa Barat dan Yogyakarta yang masing-masing mendapatkan perolehan nilai 51, Riau dan Kepulauan Riau skor 50, Jawa Timur (Malang area) skor 48, terakhir ada Sulawesi Selatan (Makassar dan sekitarnya) dengan skor 30.

CEO CrescentRating dan HalalTrip Fazal Bahardeen mengatakan, hasil itu pada dasarnya menunjukkan adanya peningkatan di bidang pariwisata halal Indonesia.

“Hasil IMTI 2019 menunjukkan terjadinya peningkatan skor di 10 destinasi wisata unggulan Indonesia,” ungkap Fazal, dalam acara ‘Penyampaian Laporan IMTI 2019’ di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta Pusat, Senin 8 April 2019.

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemenpar Ni Wayan Giri Adnyani, menambahkan dengan berhasilnya Lombok sebagai destinasi wisata halal terbaik di Indonesia ini, sejatinya memperlihatkan bahwa Lombok dilihat dari indikator yang dinilai memang masih unggul dibanding daerah lainnya.

“Kalau ditanya kenapa Lombok, ini kan satu dari sepuluh destinasi yang dinilai secara mandiri oleh IMTI. Ya berarti secara kriteria aspek, Lombok ini unggul dibandingkan daerah lain,” ujar Ni Wayan Giri Adnyani.

IMTI 2019 sendiri mengacu pada standar Global Muslim Travel Index (GMTI) yang mengadopsi empat kriteria yang terdiri dari Access, Communication, Environment, dan Services (ACES).

Loading...

Rekomendasi

DomaiNesia