LKAAM Usulkan Sumbar Jadi Daerah Istimewa

  • Whatsapp
Rumah Gadang
Rumah Gadang
Rumah Gadang.

Sumatera Barat diusulkan Lembaga Kerapatan Adat Alamat Minangkabau (LKAAM) menjadi Provinsi khusus seperti halnya yang diterapkan pada Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Daerah Istimewa Nangroe Aceh Darussalam.

“Banyak keistimewaan yang dimiliki Sumatera Barat sehingga selayaknya Sumbar ini menjadi Provinsi khusus maupun daerah istimewa,” kata Ketua LKAAM, Sayuti di Padang, Rabu (19/3).

Bacaan Lainnya

Untuk itu, LKAAM berencana akan terus mendukung Sumatera Barat menjadi daerah keistimewaan. “Satu-satunya Sumbar yang menganut falsafah ‘Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah’. Bahkan, Sumbar juga satu-satunya yang menganut sistem matriakat dan membuatnya layak menjadi daerah istimewa atau Provinsi khusus,” jelasnya.

Kedepan direncanakan pengusulan itu akan diberikan rekomendasinya Kementerian terkait. “Jika sudah matang akan kita usulkan secepatnya,” tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno belum bisa menanggapinya karena harus dikaji terlebih dahulu. “LKAAM mengusulkan Sumbar menjadi daerah istimewa atau Provinsi khusus dapat saya maklumi. Tapi, harus dipikirkan dan dikaji dulu,” ujarnya.

Menurut Gubernur, pengusulan itu dilakukan LKAAM karena Sumatera Barat mempunyai kekhasan sendiri yang tidak memiliki daerah lainnya. “Sumbar itu kan mempunyai kekhasan sendiri hingga Mancanegara,” katanya.

Loading...

Pos terkait